Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, December 9, 2013

Obrolan Senja

    Bulan desember seperti ini hujan dan angin kencang, ditambah mendung yang setiap hari berkeliaran tak kenal waktu, itu rasanya seperti berada di dalam film resident evil, terlalu mencekam untuk dinikmati keberadaannya.tapi bagaimanapun, di daerah solo ini musim sepertii ini masih bisa dinikmati daripada disekitaran jakarta, banjir becek dimana-mana. susah untuk beraktifitas..

sore ini kucoba menikmati rintik gerimis dari balkon atas dengan secangkir kopi mix panas, tak ketinggalan kegokilan latif menemani hibernasi senja ini.

"wah hujan-hujan gini paling enak berduaan sama istri ya men" pancing latif

"ah elu, men..merusak suasana aje..udah tau lu lagi ngomong ma senior, malah bahas urusan nikah, jadi sedih kan gua nih"

"hehehe..sory dah...menurut loe, enak menikah muda atau dewasa, men?"

"maksudnya dewasa?"

A Undefinable Smile

   pasca kejadian di bus kudus-semarang kemarin, jiwaku serasangambang  di atas awan..jangan tanya tentang semangat hidupku, kalo bisa idianalpgikan. itu seperti sebuah blackberry,dengan tenaga penuh dari baterai dobel power, dan sebuah  power bank yang slalu siap mengisi bila daya berkurang. skripsi, ya, itulah alasanku kembali ke perantauan ini, moment ini gak akan kusia-siakan, meski ini bukan cinta, namun pesonanya berhasil mewarnai seluruh bilik hatiku, tidak lagi hitam-putih loreng, latif, temen kamarku yang super baik, terus saja menggodaku akan cerita itu, katanya otot wajahku agak kenceng gara-gara sering senyum sekarang, udah gak emak-emak lagi

"hayo mumpung semangat kite kelarin skripsinya, bro"
"iya..aah, tapi gimana aku bisa mendapatkan bahan..."
"ah kamu ini, jadi orang susah bener, tak ajak main ke gramedia, kamu bilang bukunya mahal-mahal, kuajak ke jogja, males, suruh dampingin temen lama, gengsi, kapan kamu lulusnya"
"barengan ma kamu aja.biar dua taon lagi juga..hehe"
"oh iya, kemarin aku dikasih rekomendasi tempat yang banyak novel baratnya, deket tugu lilin situ ada perpustakaan LSM, yang ngediri'in orang Amrik katanya, banyak novel baratnya asli pake bahasa bule, bukan terjemahan"
"waah boleh tuh....tapi temenin yak..kita kan plen...,ya gak coy"
"euh, okelah.."

Sunday, December 8, 2013

Hello Stranger

     sore ini terasa tenang,tidak seperti biasanya, cuaca sangat bersahabat.tiada mendung, hanya kudapati awan putih berjalan beriringan diatasku, burung-burung kecil terbang lalu hinggap di rumput-rumput hijau sepanjang jalan yang aku lalui. sebenarnya aku lebih suka berkendara motor. namun apa dikata, motor kesayanganku akhirnya terjual untuk menutupi tunggakan uang kuliah..untuk sementara naik bis kuanggap menyenangkan. yang menjadi gak menyenangkan sebenanrnya adalah angkutan kota yang mengangkutku dari rumah ke terminal ini. aku harus benar-benar memilih waktu selain watu buruh-buruh pabrik budhalan atau di jam pulang sekolah. kalau tidak aku harus rela bergerah-gerah ria menunggu sang sopir puas ngetem di pinggir pabrik atau sekolahan, itu lamanya bisa sampai satu jam, belum lagi jalannya yang super pelan kayak siput ngesot, mata sang supir berkeliaran mencari penumpang di sepanjang jalan. maklumlah, hari gini sudah banyak orang memakai kendaraan sendiri gak kayak dulu. jadi sedikit banyak mengurangi jumlah pemasukan sang supir. kejar setoran ceritanya.

Saturday, December 7, 2013

(bukan) Tentang Pernikahan

    Malam ini hanya terdengar gemericik air sisa hujan petang tadi, hanya tercium aroma khas tanah kering yang bercampur air, dan angin malam yang berlarian menyusupi sela-sela rambut panjangku. ya, ini malam minggu, malam dimana rasa cinta diadu. para pasangan suami istri yang telah melepas penat pekerjaannya selama seminggu, mungkin sekarang tlah bersiap jalan-jalan ke kota bersama anak istri, merangkai kembali kehangatan keluarga yang terbias kesibukan seminggu ini. para kekasih mungkin sudah sibuk mendandani diri hendak menjemput kekasihnya untuk menyambung kembali rajutan asmara yang tertunda oleh studi. atau apalah kisah romantis lain yang terbingkai malam minggu ini. sebenanrya aku tak perduli.

Halaman Usang


kubuka halaman senja, apa boleh dikata, lembarannya sudah mulai usang pun tak dapat dibaca, bukan...!!!! ini belum berupa tulisan..hanya coret-coretan pensil kayu yang kalau terkena debu berseraklah kata-kata,,,mana pena...???!!! ingin ku lukis kembali garis-garis kata di Judul itu agar tak lagi pudar, namun tak kudapati sebuah penapun,,,dan kini ku hanya bisa diam sembari memandang judul halaman senja ini tanpa dua huruf terakhir..'K.E.L.U.A.R

TAE KWON DO

Tahun 2006, entah tanggal dan bulan yang ke berapa..kamis sore menjelang senja kita kayuh sepeda setengah renta memutar roda dari pondok ke kota tak terhitung berapa mil jauhnya, terkadang sendiri, seringkali berboncengan.. sampai sananya magrib, rehat sejenak di masjid, sekedar melepas lelah lalu shalat berjamaah..dan satu yang tak pernah terlupa. kita bela-belain minum air keran masjid buat membatalkan puasa..,agar tak telat latihan dan menjauhi keram. ba'da maghrib latihan dimulai, dengan semangat gerakan pelatih kita ikuti, sedikit sakit, sedikit nyeri, dan kecapekan, semuanya kita lupakan hanya untuk menjadi seorang pendekar. jam delapan selesai, kita kayuh lagi sembari menikmati kudus malam hari, udara kebebasan. sejenak melupakan peraturan pondok, sejenak melupakan sekolah. kita kebut beriringan menyalip lampu-lampu bergerak di sepanjang jalan. sepenggal semangat muda yang tiada terlupakan.dan aku merindukannya.

Friday, December 6, 2013

Rel Kehidupan

Rel Purwosari, Makam Haji, Surakarta

Pesona Mawar

cantik, dan tidak hanya di bunganya saja yang membuatnya memukau, bunga mawar seolah bunga bidadari yang tertinggal di bumi. namun bukan mawar kalau tiada duri melekat di tangkainya.meski indah namun tetap saja, dia rentan tanpa pertahanan, jika kau hendak memiliki jangan cuma mengambil bunganya, percuma. itu membuatnya mati mengering, tak lagi mempesona. yang menjadikannya kau membuang begitu saja layaknya sampah..

Saturday, October 12, 2013

Gowes pagi (My BroTher n' Son)


Bagaimana Seharusnya Berteman.??

     kita hidup dengan satu warna, yaitu warna kita sendiri, alangkah Maha Besarnya Allah mengijinkan kita untuk mengenal warna kehidupan yang lain kepada kita. kita mendapatkan indahnya warna keagamaan, persaudaraan, lingkungan, pertemanan, dan sesuatu yang berhubungan dengan diri kita memberikan bermacam-macam warna kehidupan. sehingga hidup kita terasa berwarna, namun apakah yang berwarna itu selalu bermakna? itulah kunci pertanyaan dari semua ini, di dunia ini kita tidak bisa selalu menuntut untuk diberi dan mendapatkan, terkadang untuk mendapatkan justru dengan cara memberi. lalu bagaimana bisa? sekali lagi, itulah bagaimana kehebatan Allah dalam mensetting kehidupan ini. so, kita tidak bisa hidup hanya dalam kalkulasi logika saja. seringkali kita merasakan kehidupan berjalan diluar perhitungan. supaya hati dan perasaan kita juga turut andil dalam kehidupan ini, tidak hanya akal yang penuh kalkulasi. kita memberi, mengasihi, berkorban, dan berbagi kebahagiaan, mencetak sendiri warna demi warna yang ingin kita tempel di hati kita. sehingga kita menjadi pribadi yang menyenangkan, disukai banyak orang.

Thursday, October 10, 2013

Apa Lagi yang Aku Cari..

   fajar meninggi membuka cahaya esok pagi, bersama embun nan mengalir menjamah daun-daun.menjadi basah tak lagi layu kering, kududuk terdiam mencoba menikmati suasana ini. mendengarkan para burung nan terbangun pagi sekali lalu berputar-putar di sawah permadani hijau. betapa indahnya hidup normal seperti itu,  bukan hidup seperti ini.,

   kupantulkan cahaya diantara wajahku dan cermin usang yang mulai berdebu, kenapa tak ada semburat riang fajar menempel disini, kusut sekali. aura yang tlah lama hilang bersama pupusnya harapan. jangan pernah ada air mata yang mengalir dari sela mata ini meski jiwa tlah melayu sejak lama. tersenyumlah diriku, engkau masih hidup. alur waktumu masih berjalan dan kau masih bisa merasakan keindahan, rasakanlah sebisa kamu merasakan. kalau itu terasa menyakitkan, ajaklah temanmu bercerita, tentang keindahan kehidupan itu..

Monday, September 23, 2013

Kebiasaan Nyisa'in Makanan..


{وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَامًا}
Dan (hamba-hamba Allah yang beriman adalah) orang-orang yang apabila mereka membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan mereka) di tengah-tengah antara yang demikian” (QS al-Furqaan:67).
      
  Allah memberikan bekal kehidupan kepada manusia begitu lengkapnay, 3 kommponen utama kehidupan, air, udara, juga api dijagaNya sehingga kehidupan berjalan seimbang, menghasilkan bibit makanan, sandang, dan papan tersedia melimpah ruah. Allah membebaskan manusia mengambil, menikmati, mengolah dan meregulasi sesuka mereka. agar manusia ringan dalam mengemban tugas utamanya di dunia, yaitu beribadah kepadaNya. tuk mengejar tiket ke syurga, namun pelak manusia menikung fitrah akal bertuhanNya sendiri. tergantikan nafsu liar yang tak bersisi, tak berporos dan tak berujung. sehingga semua kelimpahan anugrah di dunia inibukannya digunakan untuk mencukupi kebutuhannya, malah untuk memperkaya diri. tamak dicari, tugas sebagai hamba terlupakan, lalu apa yang difikirkan sehari-hari? meresahkan apa yang belum didapat, menyiakan apa yang tlah ada.ironis.

Wednesday, September 18, 2013

Thursday, August 29, 2013

Program KB dan Ledakan Penduduk

ketika kita mengeluhkan  kesedihan, kemiskinan, penderitaan. ingatlah hidup ini penuh keseimbangan.tak pernah ada kata terang jika kita tidak pernah merasakan gelap,tak ada kata cinta jika kita tidak pernah merasakan kebencian.bagaimana hidup ini penuh keseimbangan.??karena ada Tuhan, so, tak perlu ada tinggi hati untuk mencela org lain..tiada rendah diri untuk bersembunyi di balik kehidupan ne..be positive..!! 
-Maula Achadin-

   saya begitu merasa tergelitik waktu melihat tayang iklan masyarakat tentang program KB yang intinya kalau ban kita meledak, bisa ditambal lagi, tapi kalau  jumlah penduduk yang meledak, apa kata dunia??? . ketika mendengar pernyataan tersebut hatiku langsung berkata " itu kata-kata orang yang tidak beriman, bagaimana mungkin Allah menciptakan ketidak seimbangan di dunia ini, dia Tuhan, yang Maha Tahu dan Maha Mengatur segalanya. ribuan bintang dan meteor yang beterbangan di langit saja tidak berjalan di porosnya dengan begitu disiplin, sehingga tidak menabrak satu sama lain, padahal kalau difikir-fikir bumi ini planet yang paling rentan bertubrukan dengan jutaan benda angkasa yang berukuran lebih besar dari bumi itu sendiri. apalagi ini urusan jumlah manusia. kalaupun dikhawatirkan terjadi pemadatan manusia di bumi ini, pasti Allah sudah tahu, mungkin Allah menciptakan bumi yang besarnya lebih besar daripada matahari biar cukup waktu untuk manusia bertempat di bumi sampai kiamat tiba, tapi kenyataannya bumi segitu saja, kenapa? karena Allah lebih tahu segalanya. semua tepat pada porsinya.

Mengumbar Kemesraan..

romantisme kita rahasia berdua,
kita tutup mata juga telinga..
tak lupa kunci rapat mulut kita.. 
bukan karna malu bercinta.. 
namun dimata orang pasti beda adanya..                                         
                              -Maula Achadin-

    memang benar, kemesraan adalah salah satu bentuk penggambaran betapa harmonisnya sebuah hubungan. rasa cinta juga sayang yang terbalut dalam ungkapan-ungkapan manja lewat kata ataupun tindakan menunjukkan seberapa kuat jalinan hubungan kasih kepada pasangannya, namun pelak jika mereka menyangka mengumbar kemesraan di depan umum itu bagian dari penunjukkan betapa baiknya jalinan mereka, betapa bahagianya keadaan mereka, atau beruntungnya mereka. mereka lupa hidup tidak hanya berdua saja, akan selalu ada pihak ketiga, keempat, kelima dan seterusnya yang bersemayam disekeliling mereka atas nama sosial, yang membuatnya mau tidak mau membuka mata dan mengubah sedikit pandangan ego . agar sadar, bagaimana pandangan penerimaan mereka atas sikap kita di depan umum. 

Wednesday, August 28, 2013

Memproteksi Folder dengan NotePad

    setiap kita pasti mempunyai data-data pribadi yang begitu penting di komputer. data softfile yang sebegitu pentingnya sehingga kita berusaha menyembunyikan atau menjauhkannya dari orang lain. seperti skripsi, data pekerjaan, diary atau yang semisalnya. apalagi buat para wanita yang hobi menulis diary, meskipun sekarang diaryy nya berbentuk E-diary atau elektronik diary, yakni lewat microsoft word atau aplikasi lain dalam bentuk softfile di pc atau laptop. bagaimanapun itu, pastinya kita tidak ingin anggota keluarga atau teman-teman kita mengetahui data-data rahasia tersebut.

Tuesday, August 27, 2013

Kesempatan Kedua

dan di saat hati melembut,itu pertanda diri siap menerima taufiq dan hidayah dari Allah.maka segeralah mendekatkn diri kpada-Nya, karena jika hati kembali mengeras.melihat kematian pun tak membuatnya bergetar....                                                                                                  -Maula Achadin-

 
   Tak disangkal lagi, kita manusia, adalah makhluk yang sangat lemah. seberapapun kuatnya diri ini, tak pelak mempunyai satu titik yang rentan terhadap pengaruh dari luar, hati. ya. bahkan sekejam-kejamnya Fir'aun sanggup terluluhkan oleh air mata Asiah yang memohon agar tidak membunuh si Musa kecil. hati mampu meresapi berbagai keadaan dan pengaruh dari luar sehingga menghasilkan perasaan suka-duka, cinta-benci, bahagia-sedih, dan berbagai aktifitas jiwa lainnya. dalam perjalanan kehidupan yang lain, pada akhirnya hati lah yang memotori semua pergerakan tubuh secara unvisible yang menjadikan seluruh perbuatan mengarah kepada salah satu dari dua arus, kebaikan atau keburukan.

Monday, July 29, 2013

Menjadi Imam Terawih

       mungkin bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menjadi imam dan hafal banyak surat-surat dalam al Qur'an, menjadi imam bukanlah suatu hal yang berat atau susah. tinggal merapikan shaf, mempersiapkan niat, terus tinggal ngimamin deh. tapi buat orang-orang yang belum terbiasa menjadi imam. membayangkannya saja sudah ngeri, belum takbir saja terbayang-bayang gimana kalau salah bacaan, bisa keki deh. apalagi biasanya moment paling menakutkan itu kalau kita mendengar suara "AAaamiiieeennnn..!!!!" dari makmum, dari suara kencengnya terbayang berapa banyak yang jadi makmum di belakang kita. akhirnya gelagapan memilih surat mana yang dipilih. jurus terakhir adalah al-ikhlas, an nas, al falaq, atau al kafirun..hehehe. nah mungkin kalau shalat fardhu biasa hal seperti itu lumrah karena bacaan dhahir imam hanya di dua rakaat pertama, mungkin waktu shalat maghrib pake al-ikhlas sama an nas, terus isya'nya pake al falaq sama al kafirun. tapi gimana kalau kita disuruh ngimamin shalat terawih yang bilangannya ada sebelas atauu dua puluh tiga..duaarrrr....mungkin baru mau maju ke depan aja udan pingsan duluan.hahaha...masak 11 rakaat pake al ikhlas semua. ya gak macho dunk.

Sunday, July 28, 2013

Bolehkah Aku Membenci..

      malam ini sebenarnya tidak terlalu sunyi, aroma ramadhan masih memekat sampai setidaknya dua minggu lagi. ada apa dengan diri, yang tak sanggup menggapai ketenangan-ketenangan di tengah pembelajaran ramadhan ini? masa lalu menarikku kuat sedang masa depan mendorong sampai ketiang jauh. fikiranku berhamburan seperti bom yang meledak di tengah kekacauan. aku gagal mengapresiasi ramadhan. aku kalah dalam kelas pembelajaran ini. aku duduk terdiam, tak lagi menghiraukan detik jarum jam yang menghalauku tuk bertahan lalu berjalan. lemah, aku tak sekedar lemah. aku memang payah,

Saturday, July 27, 2013

Ramadhan kali ini (1434H)

     Senja telah lama berlalu, dengung fajar jua mulai membisu, semburat mentari perlahan meninggi mengejar langkah waktu yang terus berlari. namun kabut embut masih belum benar-benar bias dari muka bumi, kicauan burung-burung seolah mensugesti anak-anak manusia bahwa ini masih pagi. padahal ini hampir siang. Siang di bulan Ramadhan. dan alhamdulillah, kiasan tadi menggambarkan betapa Ramadhan kali ini tak sepanas ramadhan tahun-tahun sebelumnya. bahkan beberapa kali masih dijumpai sapaan hujan di pagi, siang bahkan malam hari. teduh. bagaimanapun para ahli klimatologi mengomentarinya, kita, sebagai muslim hanya akan menjawab. inilah berkah ramadhan itu.

Monday, July 15, 2013

Teruntuk Tiap Lembar Catatan Harianku...

4 Maret 2008

      Tinta pena ini takkan pernah berhenti meneteskan tulisan-tulisan gundahan hati yang tlah lama luka belum terobati. Kusimpan peluhku disini, tanpa banyak suara yang keluar tersia. Namun aku puas..lembaran kertas ini tak pernah berkomentar buruk seperti orang-orang kepadaku, ketika semua kekesalan dan kekalutan kutumpahkan disini,  maka cukuplah cerita hidup dan cintaku abadi disini. tanpa ada yang tahu, entah ini ilusi imaji. terkadang kau serasa teman terbaik di hidupku.

Cintaku Dalam...

Sabtu, 26 Februari 2008
pukul 22.20 wib

Cintaku dalam....
meski tak sedalam lautan..
itu cukup membahagiakan..

Anganku tinggi...
bahkan terlalu tinggi jika kugapai nyata olehku,
kadang ku tak tahu, seberapa dalam cintaku,
atau memang anganku terlalu tinggi..??

Pertarungan Nurani...

Selasa, 29 Januari 2008

Subuh di dunia, pilu...
dingin merasuk kalbu menahan kantuk yang terus merajuk,
kokok ayam tersiul dari ujung sudut desa laksana sangkakala raja..
tak henti-hentinya daun air basah bergoyang 
tersapu angin malam yang tertinggal di ufuk..
lantunan dzikir memeka dan membangunkan penghuni dunia...

Rumah Keabadian...

Senin, 28 Januari 2008
pukul 23:45 wib

Inikah rumah keabadian itu...
yang belum pernah kutahu sebelum-sebelumnya,
singgahpun tidak pernah.

ketika kutak lagi bisa keluar darinya,
ketika kumulai tahu,
kan ada ribuan misteri mengarah padaku..

Dalam Perenungan..

7 Januari 2008
Senin, di sore hari yang hujan

Mengalir deras ketika diri ini menahan pilu,
mengamuk serta merta dengan semua amarahku,
dan siapakah aku...???

walau ini hanya seonggokan tanah yang terikat dosa,
malukah aku meski ini hanya sebuah keindahan yang tertunda,
Allah tak gentar walau aku memaki-maki
Allah tak akan goyah walau aku mengamuk tajam.
Allah hanya melihat, sampai titik terdala niat hatiku..

Di Balik Kedalaman..

30 Agustus 2007

Lukisan ini terlihat sempurna,
cat hijau biru mengalir di sisi-sisinya.
kadang juga merah dan hitam melekat di sisi lainnya,
indah, kadang kumelihatnya benar-benar indah..

Berjalan di pinggir dunia
tanpa arah, tanpa tujuan
meskipun terlihat begitu indah,
namun sepertinya tiada kesan sempurna.

Bias...

waktu:tidak diketahui

Tumbuh dan berkembang
saat semuanya berlalu
hilangkan rasa pekikkan dera
kucoba fikirkan semua itu,
Antara ada dan tiadakeberadaanku tak sepenuhnya semu,perasaan hati yang kulaluiselingan kehidupan yang mengambangsemoga tak selamanya mengambang
Dalam sunyi kehidupan
terlintas sebuah makna perjuangan
perasaan sepi kadang muncul
di tengah-tengah keramaian.
Panjangnya malamtak dapat memperpanjang kebahagiaan,antara sepi dan duka,rasanya tak pernah berpisah.

Eksekusi Hati..

waktu: tidak diketahui

Panas luar dalam menggerayang
di bilik-bilik hati
menjelajah setiap inci nadi...

Gigil membedil-bedil
paru-paru ini serasa terseret hujan badai,
lalu terperosot dalam kubangan lumpur...

Menjelma Rasa

waktu:tidak diketahui

Teringat masa kecil kita
hangatnya sebuah persahabatan
yang tak terpisahkan oleh apapun jua
sebuah pertalian yang erat sekali
yang belum terasa pada waktu itu.

hingga kita beranjak dewasa
jadilah kita anak remaja
dengan sejuta kasih dan sayang
namun bukan untukku,

Sahabat..

waktu: tidak diketahui

Sahabat, disini kita berkumpul
hilangkan gundah, padam resah
senda gurau saling melayangkan
hapus sekejap tekanan masa depan,

sahabat, jika waktu tlah tiba
beraikan kita, jangan hapus kenangann
suka duka yang tlah lalu,
kita isikan tuk masa depan.

Terpesona

waktu: tidak diketahui

Semburat pagi membutakan sejenak penglihatanku
tuk merengkuh awan yang bergerak melapuh
membiarkan duka yang tak kunjung reda
tergores sunyi di ufuk bibir cakrawala
Rangkaian Purnama-Nya tebar perlahanwarnai gelora pucatnya mentaritabur bunga keindahan di hatisudutkan nurani malam yang pekat beranjak
Kelopak putih senantiasa berbeda,
bertebaran apik aliri pucatnya sepi
sejatiku jangkar angin yang terdampar
lepaskan sauh arungi samudra kehidupan.

membentang......

layar tercipta wahai sang insan yang sempurnatebarkan pesona alam cipta-Nya.lantas masihkah kita kan berkacasedang mentari sudah sepenuhnya terbiascantikmu dan kemewahan dunia yang ia anugerahkan.
antara kau dan aku,
masihkah sisakan sejuta perbedaan...???

Awalan..

Kamis, 27 Januari 2005

Kalau memang sejarah mesti ditulis dengan darah,
biarlah sedikit darahku kurelakan
agar Dia mengerti isi hatiku...


Kalau saja cerita harus ditulis dengan air mata,
biarlah air mataku yang dikuras menjadi telaga.
Sebab selama ini tangisanku belum ada yang mendengar.

Andaikan setiap potong puisi adalah doa,
aku harap ini adalah puisi....


Wednesday, June 12, 2013

Mengenalkan Allah Sedari Kecil

      betapa pentingnya pendidikan Islam buat anak sedini mungkin. memperkenalkan apa itu Islam, siapaTuhan kita, apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim, apa yang harus ditinggalkan dan dijauhi, bagaimana memahami konsekuensi beramal shalih atau berbuat dosa? bahkan kalau perlu kita masukkan mereka ke pondok pesantren. meski banyak sekali teman-teman yang bilang kalau memasukkan anak ke pondok pesantren akan melunturkan bakat akademis terutama kemampuan berorganisasi, terlihat katro (kurang update), dan sulit untuk menempatkan diri dalam masyarakat. nonsense!,

Tuesday, June 11, 2013

Mengikuti Alur Allah

tawakal itu kita mengikuti alur Allah, kalau ditengah jalan kita dibelokkan dari rasa aman, beruntung, kejayaan, kesuksesan, percayalah. itu ada maksud tertentu yang kita terlalu bodoh untuk mencerna maksudnya, dan kita baru paham suatu hari nanti sambil mengatakan ''ooh...ternyata maksud Allah itu begini" bersabarlah, karena sabar itu satu paket dengan kesyukuran. dan janganlah sekali-kali bersuudzon dan putus rahmat kepada Allah..karena itu dari syetan.

Monday, June 10, 2013

Beristri Seorang Calon Dokter

       banyak hal yang bisa kita petik dari sebuah mimpi, mimpi bisa berupa bunga tidur, ada juga yang menjadi pertanda akan keadaan masa depan, atau yang lain, jawaban dari sebuah doa seperti di shalat istikharah. namun terlepas dari berbagai macam pendapat tentang mimpi, sebagai seorang mu'min kita harusnya bisa mengambil hikmah dari setiap mimpi yang kita rasakan sebagai spirit perbaikan menuju ketaatan. menambah kesyukuran, juga semakin menjaga diri dari perbuatan dosa.

Terjebak Introvertion

..Sedangkan yang khas dari introvert adalah pendiam, pemalu, mawas diri, gemar membaca, suka menyendiri dan menjaga jarak kecuali dengan teman yang sudah akrab, cenderung merencanakan lebih dahulu – melihat dahulu – sebelum melangkah, dan curiga, tidak suka kegembiraan, menjalani kehidupan sehari-hari dengan keseriusan, dan menyukai gaya hidup yang teratur dengan baik, menjaga perasaannya secara tertutup, jarang berperilaku agresif, tidak menghilangkan kemarahannya, dapat dipercaya, dalam beberapa hal pesimis, dan mempunyai nilai standar etika yang tinggi (Aiken, 1993 : 87).

Sunday, June 9, 2013

Pertolongan Allah itu Sungguh Dekat

       entah hendak kulukiskan seperti apa rasa yang sedah membuncah di hatiku ini, antara bahagia, namun juga sedih. bahagia karena Allah tlah menolongku dan sedih karena aku malu Allah menolongku disaat aku sedang menjauhiNya lewat dosa-dosa dan keluangan kesempatan yang tidak kugunakan semaksimal mungkin. sebenarnya aku tak begitu pintar dalam mengolah kata, namun dari kejadian yang kualami tadi, aku merasa pintu fikirku yang dulu tertutup rapat kini terbuka lebar, aku baru menyadari, bagaimanapun keadaan kita Allah  senantiasa dekat dengan hambaNya, kalau sudah seperti itu adanya, tidakkah kita malu Allah dekat dengan kita sementara kita melupakannya, kita bermaksiat kepadaNya, sementara ni'mat masih mengalir, jatah rizki masih senantiasa turun dan pertolongan seringkali datang, baik itu dalam kesadaran kita ataupun tidak. ''apabila hambaku bertanya kepadaku maka jawablah, sesungguhnya Aku sangatlah dekat, aku akan memenuhi segala permintaan hambaKu jika dia meminta. maka penuhilah panggilanku dan berimanlah kepadaKu, jika engkau benar-benar hamba yang bertaqwa"

Saturday, June 8, 2013

BoM Itu Bernama Tv,

      mungkin aku tak pernah bisa membayangkan, gimana jadinya kalau hidup tanpa televisi. tak ada yang
bisa memungkiri, manusia hari ini tak bisa lepas dari kotak ajaib itu, hampir disetiap rumah ada televisi.jangankan rumah, di kosan saja sebagian besar kamar ada televisinya.jika setiap hari sebagian besar waktuku kuhabiskan dengan menonton tv, berapa waktu yang terbuang sia-sia di hidupku ini, tv memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, sampai-sampai ada istilah, "hari-hariku sepi tanpa televisi"

Kenapa Harus Nge-blog..??

    dulu sempat meragu waktu pertama kali menciptakan akun blog ini di sekitar tahun 2008, takut kedepannya malah menuai kontroversi, namun setelah berfikir cukup lama, kubiarkan keinginanku mengalir saja. barangkali diantara seribu kejelekan yang terpanen dari tulisan-tulisan ini, setidaknya masih ada beberapa kebaikan yang sanggup menjadi pelita bagi seseorang, entah bagaimana caranya.

      ngeblog itu kan seperti diary..? ya, jika boleh meminjam istilah. blogging ini seperti e-diary bagi kehidupan modern ini, termpat curhat, tempat mengadu, tempat berbagi rasa, tempat menyampaikan pendapat, perbedaannya dengan buku diary biasa hanya masalah teknis, dan privacy, jelas tulisan yang diangkat di blog ini akan terbaca oleh masyarakat dunia. jadi komentar apapun bisa saja terlontar dari mana saja, maka setidaknya setiap catatan yang ditulis benar-benar disaring, atau setidaknya mempersiapkan diri kalau saja seluk beluk kita terbaca dengan gamplang lewat blog ini.

Wednesday, June 5, 2013

TitiK KeSeimBangan..

ingin sekali kupejamkan mata,
lalu mengkhayalkan segalanya.
semuanya......dan tanpa terkecuali,
hingga akulah sutradara dari mimpi-mimpiku sendiri,
dan akulah sang aktor khayalan ini
meski aku juga yang menjadi penontonnya.

dan kini benar-benar kupejamkan mata,
dig..dug..dig..dug...
aneh..., jantungku masih berdegup kencang sekali,
oh...aku lupa aku masih terikat dengan kehidupan.

Terlanjur Bicara.

Apa hendak dikata, aku tlah terlanjur bicara,
kata-kataku tlah terbang lalu terbawa angin,
meresap lembut menerobos bintang-bintang.
lalu menggumpal menjadi lembaran-lembaran catatan.

Apa hendak dikata, kata-kataku kini menggema,
mengoyak dilema menembus ruang juga masa.
merasuki hati melalui celah-celah lubang telinga.
terngiang berulang-ulang penuh irama.

Bukan Karma Biasa

      rasanya masih saja ingin tertawa terbahak-bahak kalau inget kejadian kemarin. ceritanya terjadi
beberapa hari lalu, di tempat kos ada penghuni baru, sekitar 3 orang, salah satunya mendiami kamar tepat di depan kamarku. kita (anak-anak kos bina taqwa) sering sekali ngerjain anak-anak baru yang punya karakter aneh, seperti pendiem lah, nyentrik lah, pelit lah. dll, makanya buat kamu-kamu yang akan mendiami tempat kos baru hendaknya segera mendekati penghuni lama biar saling kenal akrab juga mengetahui karakter masing-masing, atau kalau tidak akan banyak yang tidak suka dengan kedatangan kamu.

Bimbang

     Bimbang, kini aku sedang berdiri diantara dua kemuning alam, kusebut itu tuntutan. dan yang lainnya lagi
kupanggil sebagai ketetapan. padang rumput yang kuinjak ini adalah waktu. entah bagaimana semua rumput ini menjadi gersang. pun sekarang telah terlihat seperempatnya mulai mengering dan terbuang. ada apa dengan ait yang seharusnya menjadi penyegar?. dimana hujan yang seharusnya tercurah? awan yang sedang melintas diatasku benama kesempatan, entah kenapa mereka menggumpal biru dan berjalan terburu-buru? kemanakah uap hujan yang mereka bawa kan jatuh terburai. seperti tak ada lagi kesempatan, kupandangi hidup ku dari kejauhan berkali-kali, dan aku tak pernah mengira bahwa ketetapan dan tuntutan sanggup bersatu padu memenuhi otakku bagai gerimis yang menyeret halilintar ke bumi.

Tuesday, May 21, 2013

Renungan Senja..

    malam datang tanpa melewatkan senja,sebagaimana fajar datang sebelum pagi tiba,senja yang begitu kuning merona, redup sedang namun tetap menampakkan rona,itulah senja,saat-saat dimana manusia mulai berhenti dari berbagai aktifitasnya, para buruh pabrik pulang dari kerjanya, anak-anak yang sekolah TPA/TPQ pulang dari madrasahnya, sang ibu memandikan anak-anaknya, dan semuanya bersiap menanti malam, malam yang penuh ketenangan dan peristirahatan, siap merecharge energi guna aktifitas esok kembali.wallaili idza yaghsyaa.

    atau mungkin saja senja itu adalah diri kita nantinya,saat usia udzur dan menua, dengan ijin Allah kita benar-benar akan memasuki masa senja ini kedepannya. masa dimana tubuh kita penuh renta, dengan otot-otot yang tak sekencang semula, gigi yang ompong, dan rambut yang memutih, juga kulit yang penuh keriput, tak banyak yang kita lakukan dan tak banyak yang kita harapkan di saat seperti itu, karena tenaga sudah tak ada, dan dunia pun tak sanggup lagi kita nikmati, hanya memandang keatas meski mata tlah meredup, dan bersiap, barangkali hari itu, besoknya, atau besoknya lagi, kita tak berhak lagi untuk tinggal di dunia ini.

Friday, May 17, 2013

Tuk Kita Renungkan..,

pernahkah kita memikirkan,
kita baru merasakan indahnya kasih sayang Allah  justru ketika kita kekurangan. uang sekurangnya 5 ribu yang kita dapatkan dari hasil keringat sendiri terasa nikmat ketika kita berusaha bagaimana uang segitu bisa cukup untuk hari ini, meski hanya dengan dua lembar tempe goreng tanpa sayur, namun di setiap kecapan di mulut terasa nikmat, masih mengawang di fikiran kita bagaimana orang-orang yang hidup lebih menderita dari ini, dan kita masih bisa tersenyum, alhamdulillah ya Rabbi, lalu bagaimana dengan orang-orang yang diberi kelebihan rizki oleh Allah??? apakah mereka mengucap syukur ketika mereka memikirkan bagaimana uang-uang ini dihabiskan, apakah mereka mengingat Allah ketika mereka sibuk berburu barang belanjaan di mall..??? dan apakah sempat terucap kata hamdalah ketika mereka pusing memikirkan barang-barang mewah mana yang akan dia beli..??

Dosa ini..,

andai aku sanggup,
ingin sekali kusimpan waktu,
dan kembali ke masa lalu..

dosa-dosa yang kukenal dulu,
membakar hatiku nan terasa pilu,
seperti zombie saat terkena matahari..

Confession

Ya Rabbi,
ternyata benar, hidup ini hanya sejengkal saja,
waktu berjalan begitu cepatnya,
hingga tak terasa umur mulai menua..

Ya Rahman,
Engkau Maha Benar,
kehidupan ini hanya sendau gurau dan main-main belaka..
betapa banyak orang menghabiskan seluruh kesempatan hidupnya
hanya untuk memuaskan hasrat yang pendek,
sependek fikiran, sependek usus di perut mereka,
lalu mereka mati begitu saja tanpa ingat,
bagaimana nanti mereka berhadapan denganMu.

Terperanjat..!!!

Semburat mozaik alam mulai terpancar indah
di balik jernihnya air embun pagi ini,

aku duduk terdiam diantara senyap kehidupan,
membuka mata dan merobek jala mimpi tadi malam,..

terdengar suara tawa,
kudengar suara tangis..
hendak kuikuti namun tak jua bisa...

Hilang Arah..

Tuhan...,
Ajari aku mencintai kehidupan ini..,
agar tiada lagi diperbudak oleh kemalasan

tunjukkan padaku bagaimana manisnya kebahagiaan,
agar semangat diriku melepaskan diri dari candu kesengsaraan.

perlihatkan padaku sinar mentari yang begitu indah,
terpaan embun pagi yang sejuk,
juga rintik hujan nan penuh gemulai..

aku penuh tersiksa dengan kepekatan ini..

Thursday, May 16, 2013

Senyap

Senyap..
aku hampir kehilangan ingatan tentang rasa manis,

pekat,
dan aku tak lagi mengenal bagaimana itu pahit,

diam,
kini tlah hilang semua rasa yang ada,
dan di kehidupan ini, tak lagi ada asa....

bahkan aku tak tertarik lagi dengan warna hidup ini...

aku hanya melihat abu-abu diatas senja...


Setengah Mimpi

tersandarkan waktu,
kini kumulai menikmati desir demi desir jalan takdir ini,
sedih, perih, dan tangis tlah lekat menjadi bagian dari hari-hari..
tapi biarlah.....
burung harapanku masih gagah terbang tinggi..
meliuk-liuk diatas hamparan doa yang terus terucapi..
meski nyatanya ku masih tenggelam kedasar keterpurukan,
di kehidupan setengah mimpi ini..

Nafsu

dia dahaga yang tak pernah terhenti..
lapar yang tak pernah kenyang..
dan penyakit yang semakin meradang...

dia parasit kehidupan,
mendayu-dayu mengejar fatamorgana syetan.
harta, tahta, wanita,
disana dia mencari titik-titik kepuasan yang tak pernah dia temui..
hanya akan ada luka yang semakin busuk dan menganga..
sampai nisan tertancap diatas kubur, pusara terakhirnya....

Senja Kelabu

Senja kelabu,

langitpun menguning sendu...

ada apa dengan dunia yang perlahan sirna tertelan waktu...

senja ini akan tetap menjadi senja meski awan berubah kelabu..

sinar pagi yang semula semringah, kini  tenggelam dan tak terlihat lagi..

malam akan datang..menjemput pekat sinaran mulai menghilang.

nikmatilah senja ini, ikhlaskanlah hari ini terganti dengan satu pagi yang lain..

bidadariku kini,,

Ajari aku mencintai dengan bahasa yang mudah dimengerti,
tunjukkan padaku harus harus bagaimana aku..
kutawarkan taman dunia dikau menolaknya,
kutunjukkan jalan kebahagiaan dunia engkaupun tak sepenuhnya menerima..
kau menutup fikiranku dengan membuka hatimu,
hingga yang terlihat kini bukan lagi tentang keelokan parasmu.
ya...hatimu juga ternyata indah...

kau terlalu indah dan engkau sulit untuk dimengerti.
tapi kau lebih nyata dari bidadari yang kubayangkan selama ini..
engkau, bidadariku kini

Wednesday, April 17, 2013

Kisah Pualam..


Dari sederetan kisah cinta yang muncul lalu terbuang,
biarlah sepenggal kisah ini ada dan terus berlanjut...
barangkali ia takkan lekang oleh waktu,
dan darinya takkan pernah ada jalan cerita buntu...

romantika ini kian tak terbendung oleh sempitnya ruang,
akan tetap ada meski jasad tlah usang..

Cinta Melelahkan,...

dan cinta ini nantinya takkan pernah merasa lelah,
mengejarmu tanpa sedikitpun merasa gundah..
berlari kencang tanpa perduli apa yang akan dihadapi,
dan segala yang telah terlewati..

impas...,

cinta ini kan slalu bergerak tanpa buru-buru beganti pijak..
akan selalu bernafaskan elegi perjuangan,
seperti aliran sungai yang tak pernah berhenti mengalir..
atau mentari pagi yang tak pernah terlambat muncul..

Bersamamu Nantinya, Tiada yang Akan Terlewatkan..


Aku (akan) mencintaimu bukan karena apa yang akan ada,
atau yang telah lalu....,

karena nantinya kita pulalah yang akan mengisi hari-hari itu..

aku mengisi harimu dan engkau memenuhi hatiku seperti saat ini,

dan akan selalu seperti itu di hari-hari nanti..

lalu aku tak butuh lagi kenangan,

karena cinta kita akan selalu menjangkau setiap dimensi...,

ruang dan waktu....


Surakarta, 27/3-2013

(Manusia) Tiada Sempurna....

     selayaknya hidup, kita adalah manusia kehidupan yang seharusnya berjalan di muka bumi ini dengan
saling berbagi, semestinya kita menjadi seorang penolong nan berwibawa yang rela merendahkan pundak kita untuk disandari siapa saja yang membutuhkan, meski di saat yang lain kita sendirilah yang berada diposisi sempit seperti itu, butuh tempat untuk melampiaskan duka nan kesedihan sebagaimana manusia lainnya.dan memang itulah arti kehidupan, kita ada untuk mereka, dan mereka ada sebagai cerminan diri kita.

      dan tak pelak sebagaimana sifat kemanusiaan yang lain,sebaliknya, kita yang semestinya berharap selalu menjadi sosok yang mengayomi dan memberi kebahagiaan kepada orang lain,pada saat yang lain pun, mengalami masa krisis yang tak kunjung usai. tanggung jawab, tuntutan kehidupan dengan segala konsekuensi hidup membuat jiwa kita melemah dan tak berjalan sebagaimana biasanya, hingga adakalanya beban hidup kita terasa lebih berat daripada yang sedang dicurhatkan oleh teman kita sendiri saat. sehingga mau tidak mau kita harus menjadi orang yang lebih bijaksana dan lebih banyak berkorban untuk teman kita, meski pada akhirnya tangis tak terbendung lagi saat kita tak berada diantara mereka. kita juga butuh mereka.

Friday, April 5, 2013

CooKing StyLe

     hari ini adalah hari pertama aku memasak sendiri selama di Solo. kejadian sepulang ke Kudus kemarin menyisakan sebuah ara untuk mencoba memperbaiki diri. ibuk mulai khawatir dengan keadaan ekonomi keluarga, terutama aku yang istilahnya timbangan paling berat di neraca pembiayaan perbulannya. ibu mengeluh sang kakak mulai terlambat ngasih duit, jadi dia bingung mau ngasih uang saku buat aku dari mana. padahal gajian masih tanggal 4 sedang aku sudah mau balik Solo lagi.aku juga jadi bingung, meskipun tahu ibukku seorang pencemas yang khawatiran sangat, namun mendengar penuturan beliau membuat syetan-syetan yang ada di tubuhku merinding. akhirnya aku nenangin ibuk, minta uang seadanya, 100rb aja gak papa. dan tak lupa slalu bilang, yang kubutuhkan bukan UANG..

Tuesday, January 15, 2013

JuSt DReAMiNg..or MaYbe SiGniNg

Kamis, 10 Januari 2013         4:44 a.m

   
   Tiba tiba aku berada di sebuah pasar swalayan, setelah sebelumnya aku mengikuti seminar pendidikan anak yang diadakan di ruangan gedung bioskop. dan yang ada di pelukanku ini, seorang anak bayi lelaki yang sedang tertidur lelap berada dalam gendonganku ini adalah anakku. aku menjadi seorang ayah??? hatiku terguncang dengan keadaan spontan itu, bagaimana mungkin aku bisa menikah dan mempunyai seorang anak yang baru berusia beberapa bulan ini, padahal dari dulu keluargaku bersikeras untuk menahan keinginanku menikah sampai aku lulus kuliah dan bekerja mapan.

     bagaimanapun, sekarang, aku bisa menikah, bahkan nuansa pengantin baru masih lekat meski aku sudah beranak satu, namun siapakah ibu dari anakku ini?? aku bertanya-tanya,  aku belum pernah bertemu dan kenal dengannya.??siapa dia??? kupandangi anak bayiku lekat-lekat, rasa kebapakan nan penuh kasih sayang dan tanggung jawab muncul seketika itu, di swalayan  aku masih berkeliling mencari barang-barang kebutuhan anakku.

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--