Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, September 12, 2012

Piaraan Baruku..

      Sebenarnya dari dulu aku ingin sekali memelihara sesuatu, setidaknya untuk sedikit mengurangi rasa jenuhku pada keadaan, dan kali ini mumpung ada duit lebih, maka segera kuputuskan untuk membeli hewan peliharaan. dan waktu itupun memang masih libur lebaran, jadi setidaknya ada waktu untuk sedikit belajar memahai dan merawat hewan tersebut.


     sedikit puyeng untuk memilih jenis hewan yang ingin dipelihara, dengan pertimbangan finansial juga keadaan tempat, pasalnya hewan ini akan kurawat di kosan. awalnya ingin memelihara kelinci, dia lucu, imut, dan tingkahnya menggemaskan, perawatannya pun relatif mudah. namun permasalahannya ada di tempat, memang ada area yang lumayan luas di belakang kos, namun itu buat penampungan sampah, takutnya dia terinfeksi. kemudian pilihan beralih ke hamster, gak kalah imut dan dengan ukuran yang lebih kecil, bisa dirawat di dalam kamar, namun setelah aku coba cari info tentang hewan hamster ini di internet, ternyata perawatannya lumayan susah, apalagi menyangkut kesehatannya, banyak banget kemungkinan penyakit yang diderita, seperti manusia saja. mencoba tanya-tanya teman yang pernah memelihara hamster, jawabannya negatif semua, malah ada yang akhirnya dilepas di sawah karena udah gak mampu lagi merawatnya.

     akhirnya setelah pertimbangan yang lebih matang, pilihan yang ketiga inilah yang akhirnya terlaksana. kura-kura. ya, sebenarnya sudah smemelihara kura-kura, binatang yang hidup di dua alam ini benar-benar menarik perhatianku, tingkahnya yang meski kurang banyak bergerak namun menarik untuk diperhatikan. akhirnya dengan bermodal pengetahuan seadanya juga tak lupa beberapa lembar rupiah, jum'at pagi itu aku mengajak Ahmad, temen kosku, pergi ke Pasar Gedhe Solo buat nyari-nyari kura-kura. baru pertama kali ke pasar gedhe, agak kelimpungan. disana ada beberapa toko ikan hias yang belakangan baru kutahu kalau toko-toko itu punya pemilik yang sama. di toko pertama aku menemukan puluhan kura-kura kecil. tingkahnya yang aktif bener-bener memikat diriku, namun agak mahal, harganya 25 ribu dapet dua, sedangkan yang agak gedhe satunya seratus ribu rupiah, namun yang agak gedhe ini aku kurang terpikat karena ukurannya terlalu gedhe buatku, sudah gak imut lagi dan pengennya aku melihara kura-kura dari kecil pe gedhe. akhirnya kita cari tempat yang lain dulu. di tempat yang kedua ini dengan bantuan mbaknya yang ramah aku menemukan kura-kura yang agak gedha tapi masih lumayan kecil buat dipelihara, dihargain 35 ribu, sayangnya yang ukuran segitu cuma ada satu, betina lagi. setelah berfikir agak lama. akhirnya kubeli yang itu, juga yang kecil-kecil 2 ekor, dengan sedikit menawar akhirnya kudapat harga 50 ribu dapet 3 ekor kura-kura tadi, lumayanlah daet potongan sepuluh ribu.

    dalam perjalanan pulang tiba-tiba kefikiran mau ditempatin di tempat apa nih kura-kura, akhirnya kuputuskan beli wadah yang biasa buat tempat jualan pisang selai. lumayan luas buat ditaruhin 3 kura-kura ini. awalnya sih berasa baek2 saja, kutempatin di wadah itu trus kukasih air setinggi tempurung mereka, ternyata waktu kutinggal shalat jum'at, ne kura-kura yang paling gedhe lompat dari tempatnya, baru kutahu bahwa kura-kura pandai berkilah dan kabur kalau tidak ada yang punya, mungkin memang belum terbiasa dengan ku. merasa kecolongan, aku kasih plester pinggirannya biar gak bisa lompat, tenyata masih bisa juga, untuk yang terakhir kalinya, kubuatin pager dari lak ban, dan akhirnya tu kura-kura gak bisa kemana-mana lagi.

ketika masih di wadah

keliatan agak tersiksa
   
setelah kuperhatikan seksama, ternyata kasihan banget ne kura-kura ku kutempatin di tempat seperti ini, dari tingkahnya seperti gak nyaman di dalam air terus, akhirnya terfikir untuk membuatkan aquarium kecil seukuran space rak mejaku yang berukuran 30cm an. beberapa saat kemudian pandanganku tertuku pada meja kecil disamping meja belajar yang ukurannya lumayan lebar."aaah...nangguuung, yang gedhe sekalian", setelah negosiasi dengan temen yang pinter bikin aquarium, besoknya aku ngajak kang Ilham buat beli kaca dan lem kaca buat menuhin hasrat manjain 3 kura-kura ini. setelah seharian berkutat dengan kaca, akhirnya terbentuk lah satu buah aquariun ukuran 60x30 cm dengan tinggi 20 cm an, kubuat agak rendah karena memang niat awal bikin aquarium buat kura-kura, bukan buat ikan, jadi bisa diliat dari atas juga nantinya.

ketika di taruh di aquarium

sumringah banget kura-kuraku
   
betapa seneng nya si Qoqo, Nunu, n Hana ketika pertama kali kupindahkan ke aquarium yang pastinya lebih lebar dari tempat sebelumnya, mereka berlarian kesana kemari seperti anak kecil yang main petak umpet, pada gendong-gendongan dan berenang bebas, namun aku baru tahu sepertinya mereka ingin berjemur tapi tidak bisa karena kukasih air. besoknya demi mereka, aku balik lagi ke Pasar Gedhe buat beli perlengkapan aquarium, ada filter, batu karang, pasir, background laut dan rumput-rumputan, sekalian beliin beberapa ikan kecil buat teman mereka. gak sampe itu, 2 hari berikutnya, aku balik lagi ke pasar gedhe buat beliin lampu. sampai-sampai pegawai tokonya hafal sama wajahku karena keseringan kesana.

sebelum akhir

     dan inilah hasil akhirnya, sebuah habitat yang terlampau indah untuk si Hana, Nunu, dan Qoqo. mereka semakin menikmati kehidpan mereka bersamaku, akupun bisa senantiasa memandangi mereka yang begitu manjanya sedang bermain-main di air atau sekedar berjemur diatas karang. gak percuma duit 300ribu kuikhlasan buat kebahagiaan mereka. ada cerita menarik di balik pembuatan aquariumku ini, ketika proses pembuatan itu ada seorang temen yang nyeletuk, "daripada buang duit segitu buat pelihara hewan, mending ditabung buat nikah", memang agaknya temenku yang satu ini paengen banget menikah sehingga apa saja yang diomongnya slalu dikaitkan dengan kata tadi, akupun dengan santai menjawab,"liat aja men, kalau untuk urusan kura-kura aja kukorbanin sampai segininya, apalagi urusan istri" hahahaha...mendengar kata-kataku itu dia jadi manyun. memang menurutku gak ada salahnya sih bikin ini, lagian setelah semua selesai, bagus banget diliatnya, nyatanya banyak temen kos yang tertarik untuk melihat aquariumku ini dan mereka suka.
hampir jadi
    sayangnya dibalik kesenangan ini ada kesedihan, para kura-kuraku ini susah makan padahal udah kubelikan obat tetes penambah nafsu makan, apalagi si Qoqo yang keadaannya semakin lemas, semoga kedepannya baik-baik saja tanpa da yang mati percuma...
Qoqo
Hana n' Nunu
Basking Area
luxurious aquarium

0 comments:

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--