Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, July 30, 2012

Doaku Terkabul Seketika..!!

        dari semua kisah di Ramadhan 2012 ku ini, ada satu kisah paling menggelikan namun berhikmah banyak yang kualami sore kemarin. seperti biasa, Ramadhan adalah moment yang pas bagi mahasiswa untuk diet, juga mengirit uang, pasalnya hampir setiap hari di bulan ramadhan selalu diadakan kajian dan berbuka bersama yang pastinya gratis..tis...tisss... di masjid-masjid kampung, terutama di area sekitar kampus, tidak tanggung-tanggung, menu berbukanya tidak hanya snack, namun plus makan besar. bahkan beberapa diantaranya mengadakan sahur gratis juga.


       sudah hampir 4 tahun aku menjalani kegiatan ramadhan di Solo ini, maka dari pengalaman-pengalaman itu, aku dan teman-teman kos yang lain sudah sangat paham dimana tempat-tempat yang menyediakan menu berbuka istimewa saat ramadhan. diantaranya di masjid RS Yarsis Surakarta, Masjid Fadhlurrahman kampus UMS, dan Pondok Modern Assalam. apalagi dulu ketika menjadi aktifis jamaah masjid kampus, biasanya pulang juga bawa sisa berbuka.hehehe..biasanya kita jam 4 lebih dikit udah ngantri mandi buat siap-siap pergi ke masjid biar gak telat datangnya. (malu kalo datang telat, dikira kesitu cuma mau makan gratisnya doank, gak ngikut dengerin kajiannya).

       nah, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kita para penghuni wisma bina taqwa sedikit pecah dalam menentukan tempat berbuka bersama, gak sekompak dulu, kalo berbuka slalu bareng-bareng. pasalnya selain aktifitas yang semakin padat (ada yang sudah kerja), juga ada masjid baru di deket wisma yang tidak kalah exklusif dengan masjid yang lainnya, yaitu ber-AC dan menyajikan menu buka puasa yang enak-banyak, gak pake kajian, jadi pada datang mepet maghrib dan bisa langsung berbuka.

       aku sendiri memilih berbuka puasa bareng pondok modern Assalam, selain menu berbukanya istimewa, juga ada kajian keislamannya. terkadang sendiri, terkadang juga ada yang ikut, namun hal itu gak jadi mengapa karena tahun ini aku dibolehin bawa motor dari rumah. ramadhan tahun ini memang langganan berbuka barengku di pondok ini. apapun menunya ya diterima saja, bagiku urusan makan gak perlu dispesialkan.

       cerita menariknya adalah sudah 3-4 hari teakhir ini menu berbuka di pondok Assalam ini lele goreng, meskipun dengan sayur yang berbeda, namun tetap saja pake lele. sore kemarin, seperti biasanya aku datang kesitu dengan penduduk dan teman mahasiswa yang lain. biasanya jam 5 seperempat mulai dibagikan kurma, roti, es, sama sebungkus makanan. nah, biasanya menu lele ini selalu dibungkus kertas coklat, saat nasi bungkus mulai dibagikan dari ujung (shafnya panjang banget), aku yang berada di shaf tengah mulai bergumam ,"waduh..lele lagi nih...", lalu dalam hati aku berdoa meskipun tidak begitu serius, "ya Allah semoga bukan lele..semoga bukan lele", ternyata aku gak sengaja liat bungkusan nasi temen ngaji disamping saya yang keliatan ekor lelenya. "wah..lele lagi nih, yaudah lah kalo begitu",

adzan maghrib pun berkumandang, kami serempak berdoa dan mulai menyantap menu yang tlah dibagikan itu. namun betapa kagetnya aku, ternyata nasi bungkus bagianku tidak ada lauknya, alias sayur doank. aku cuma nyengir kucing melihat yang lain berbuka menu lele dengan lahapnya, aku cuma dapet nasi sayur doank, berasa gimana gitu di tenggorokan.hmmm...

ada beberapa pelajaran yang kudapat setelah aku mencoba mengurai apa dibalik peristiwaku itu.:
1. bahwa doa di saat sedang puasa itu sangat mustajab sekali, lebih-lebih di bulan Ramadhan ini, tidak peduli itu setengah hati (tidak begitu serius) ataupun sungguh-sungguh, maka gunakanlah waktu-waktu itu untuk berdoa seserong mungkin. dan jangan sekali-kali mendoakan buruk meskipun sekedar bergumam. karena mungkin juga  terijabahi.

2.syukurilah apa yang tlah dikaruniakan oleh Allah meskipun itu sesuatu yang sepele, barangkali itu peringatan Allah kepadaku karena menggerutui menu lele goreng yang sering disajikan saat berbuka bareng di pondok ini. karena tidak semua mendapat jatah karunia yang sama sepertiku, apalagi saudara-saudara yang berada di daerah konflik, pasti berbukanya tidak senikmat ini, astaghfirullah..

     begitulah sekelumit cerita unik di ramadhan ku kali ini, barangkali setiap kisah memang mempunyai asal-usul dan sebab akibat, dan ini semua bertujuan agar kita selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, wallahu a'lam bis showab.

1 comments:

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--