Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, April 13, 2011

besar TIANG daripada PASAK..!!!

sebuah peribahasa Indonesia yang gak tau sekarang pencetusnya masih idup ato gak, mengatakan 'besar pasak daripada tiang' ,sebuah peribahasa yang menganalogikan akan pengeluaran dan pendapatan. pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan. mungkin kita akan sangat hapal karena mungkin waktu SD guru bahasa Indonesia kita seorang guru bertampang preman atau bu guru yang selalu bawa penggaris kayu yang gede ketika kita disuruh maju kedepan menghapal satu-persatu dengan suara "dargh...!!...darghh...!!!..awww...!!...Aww...!!" trus kita mringis sambil mandangin pantat kita yang merah kena penggaris...(moment horor masa SD)..

namun bukan masalah guru killer sewaktu SD yang akan kita bahas disini..bukan juga tentang pantat kita yang merah akibat kena penggaris bu guru (bisa-bisa urusan berlanjut ke masalah HAM ntar). kali ini kita akan membahas tentang TIANG dan PASAK, gak pake martil, gak pake semen, apalagi pak tukang yang kerjaannya ngrokok kalau kerja,,,karena ini menyangkut pendapatan dan pengeluaran, bukan tukang bangunan,,,


aku gak tahu napa aku pengen nulis ini, sebenarnya sih pengen curhat, tapi masih rada-rada gengsi gitu..hehehe..

bulan ini adalah bulan terbokek dari hidupku, gimana enggak..kiriman uang dari rumah ditunda pe aku balik ke kampung halaman, karena ada masalah dengan transfer di bank. aku disuruh ngambil sendiri di rumah, padahal dua minggu ne lagi seru-serunya tawuran ma ujian tengah semester. pe babak belur en puyeng gini,,masak disuruh pulang..nanggung...udah uangku tinggal hitungan jari. diutang ma temen lagi.untungnya aku dermawan..hahaha...(padahal gak berani nolak), akhirnya jurus terakhir yang keluar,PDKT (pokoknya diet karena terpaksa...).wah..runyam...


bagi ente-ente nyang pade idup di luar kota, jauh dari kasih sayang dompet orang tua pasti sangat dekat dengan pribahasa ini, 'besar pasak dari pada tiang'..nah kalo kita mau jabarin tu ras, masih banyak lagi garis keturunan mereka yang saling hidup berdampingan, sejahtera, dan harmoni, diantaranya ada 'BOKEK', 'KANKER','dll....kalau dijabarin lagi masih ada juga kerabat jauh yang masih bisa dianggap sebagai keluarga, mereka adalah 'NGUTANG','NGELESS','NEBENG' dll...biasanya mereka kumpul keluarga antara tanggal 15 keatas lah...semakin tanggal tua semakin sering mereka berkumpul..hahhahaha....

memang hidup harus punya pertimbangan penuh, manajemen waktu juga keuangan perlu difikirkan, karena ini menyangkut hajat hidup diri kita, bayangin jika kita kacau di manajemen. pastinya kita akan ancur-ancuran hidup di kota tuan.

kembali Mr. pasak tadi (namanya rada-rada mirip ma vokalis ungu). kalau manajemen waktu dan keuangan kita sudah cukup stabil, kita jangan bangga-bangga dulu man..masih ada satu yang perlu kita antisipasi..tamu dadakan (apalagi neh,,gak mudeng)..tamu dadakan ini bisa dicontohkan seperti saat tiba-tiba kiriman dari rumah telat, atau tiba-tiba kecopetan...wah repot...ternyata kita butuh yang namanya preparation. preparation ini bisa berbentuk preparation finansial,kecuali waktu man..kalo waktu mah gak bisa ditabung..ngomong2 soal tabungan, emang sepertinya sulit untuk menjalankan 'money safety' tadi..trus gimana solusinya? ya pake piggy-piggy alias celengan babi yang sari alumunium biar gak bisa dibuka sembarangan. jadi kalo terpaksa butuh, baru deh pasang tenaga buat ancurin tuh celengan..haahaha...


bener juga kata si kambing jantan. kita gak benci uang, kita butuh uang.yang ada hanya uang...uang..uang...biarlah, yang penting gak pake acara maasukin dua jari ke lobang idung buat dapetin uang ja ya mas Adit..hahahaha...

aku cuma berfikir di jaman globalisasi ini kenapa sang tiang gak menuntut persamaan gender biar sama-sama gede gitu..gak da kata kelebihan pengeluaran, juga gak ada kelebihan pendapatan..yah..gak idup dunk...jadi kita gak punya masalah dengan yang namanya finansial...kata guruku dulu waktu SMA, hidup yang paling enak adalah hidup pas-pasan..bukan hidup yang mewah..pas-pasan disini bukan berarti hidup kekurangan gitu..tapi bahasa gaulnya...' PAS kita butuh duit PAS ada yang ngasih, PAS laper PAS ada yang nraktir..dan teori PAS-PASan yang lainnya....

maka sekali lagi..biasakanlah hidup PAS-PASan.. karena hidup PAS-PASan adalah pola hidup sehat (yang membuat orang lain sakit)hehehehe.....

2 comments:

MJ said...

Pernah ngalamin c.. tp ya yg namanya rejeki itu pasti ada aja, dari mana aja ntar,,, untuk kedepan dimanage lg tuh,, perlu safety... :)

Darkness Prince said...

hahaha..iya neh..perlu gebrakan lagi...thanks sarannya.^^

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--