Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, January 17, 2011

Kusuma Bangsa '07

    setelah sukses mengakhiri masa SMA dengan nilai yang cukup memuaskan aku berencana untuk melanjutkan studi di universitas. persiapan-persiapan untuk ujian tes masuk PTN pun sudah dipersiapkan. namun apa daya, Allah berkehendak lain, saat acara rapat keluarga membahas rencana kuliahku malam itu, kakak-kakakku tidak menyetujui diriku melanjutkan ke perguruan tinggi, dengan alasan utama soal finansial, dalam gejolak abg yang masih labil, aku sempat drop down, dan frustasi melihat kegagalan dalam menapaki jalur cita-citaku ini.
     
    apalagi mengingat hampir semua teman kelas terpadu di SMA ku dulu melanjutkan ke perguruan tinggi. di tengah frustasiku itu, salah seorang kakakku menawarkan untuk menyekolahkanku di pendidikan ketrampilan.setelah mencari-cari tempat kursus yang terbaik akhirnya ketemulah, lembaga pendidikan profesi dan manajemen setara D1 KUSUMA BANGSA yg sekarang berganti nama menjadi KUSUMA MANDIRI. setelah beberapa pertimbangan, akhinya aku masuk jurusan teknik informasi. karena dari dulu emang suka main komputer.aku masih ingat saat masuk pertama kali 3 hari di cekoki dengan masa orientasi yang semuanya berbau kewirausahaan, 

    sebagaimana tujuan awal para peserta, yaitu membuat lapangan pekerjaan. kami dibuat seolah-olah menjadi seorang manajer dan menyusun strategi manajemen. ada-ada aja. diawal-awal kursus ini aku tidak begitu fokus dengan materi, karena fikiranku masih kacau oleh kegagalanku masuk perguruan tinggi.saat-saat MOS pun aku penuhi dengan berkenalan, berharap bisa mendapatkan pencerahan. ada agung dan puji, anak Pati yang logat lucunya sering jadi guyonan anak-anak, ada Sundari, cewek jepara yang lagaknya sok kenal tapi emang smooth dengan kita-kita. ada mahmud anak undaan yang pendiem. trus banyak lagi anak-anak jurusan lain yang karena sering bertemu di tempat kursusan ini jadi saling kenal. ada mira, isti, tika, dan masih banyak lagi (udah lupa, udah dua taon silam soalnya)

     .perlahan-lahan rasa jengkel dan frustasiku meredup seiring aktivitasku di kursusan ini, setiap pagi aku harus bersepeda, mengayuh dari desaku ke tempat kursusan yang jaraknya ada kurang lebih 20 km. dengan bermandi peluh dan kuping bersumpil headset hp, sambil mendengarkan musik kulalui tiap putaran roda sepedaku menuju ke tempat kursus itu.terkadang juga aku berangkat dengan naik angkot.masa demi masa berganti, lambat laun gairah belajarpun mulai muncul kembali, apalagi mata kuliah yang kudapat hampir semuanya baru, ada praktik komputer, teori informatika, kewirausahaan, statistik, sampai bahasa mandarin. beberapa bulan berjalan, bertambah lagi teman kursusku, aku mendapat dua teman baru yang "aneh" dari jepara, yang tenyata berhasil mengubah keterpurukanku jadi lebih cerah. bagus dan faliq. tingkahnya yang aneh terkadang sampai bikin dosen jengkel, namun mereka bener-bener jenius dalam masalah otak-atik n program komputer. 

     dari mereka lah kita jadi semakin lepas dan deket dengan para dosen dan dosen tata usaha, seperti pak aris sulistiyono, sang programmer ulung dan mas sapta.dosen tata usaha yang juga ngajar beberapa program komputer. di kelas kami sering bercanda saat belajar, dosen pun sudah seperti teman sendiri. sehingga pelajaran lebih mudah di cerna.tak khayal, di smester pertama nile ku diatas rata-rata. pertemanan satu jurusan kami jadi semakin lekat, tiap hari selalu ada aja yang bikin lucu, dari si sundari yang suka cit-cit-cuit, si agung dan puji yang logatnya Pati asli, unik. dan si bagus + faliq yang aneh.oh, ya..ada irawan anak jepara juga yang paling cool di kelas, semuanya membuat hari-hari menjadi menyenangkan. 
 
me, sundari,n faliq
     terkadang sebelum masuk kuliah kita jalan-jalan dulu di mall, atau pergi ke suatu tempat, hanya untuk sekedar beli beberapa jajan. di kelas pun begitu, kita sering berbagi kreasi dan belajar pemrograman bersama. terkadang kita malah nyari materi yang aneh-aneh seperti hacking,

      tak terasa setahun sudah aku belajar di KUSUMA MANDIRI ini, hampir selesai. ujian akhir sudah ditempuh, untuk tahap terakhir penilaian diadakan 'on job training' selama sebulan di toko-toko komputer di kudus. aku ijin karena pada akhirnya aku mendapat kesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi, di saat teman-teman sedang praktek, aku meninggalkan mereka ke solo.untuk mengurusi registrasi kuliah. namun kadang kala mereka juga berkunjung ke rumahku untuk sekedar melepas kangen. di akhir cerita, kita melanjutkan perjalanan karir di masing-masing jalan yang berbeda, mereka telah mendapatkan pekerjaan, dan aku melanjutkan ke perguruan tinggi.

0 comments:

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--