Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, January 22, 2011

introvert, si pendiam yang menakjubkan

    pernahkah kamu melihat tingkah polah seorang yang menutup dirinya alias introvert, atau malah mungkin kamu sendirilah seorang introvert itu. seorang introvert biasanya dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan tidak banyak ngomong, lebih suka menyendiri dan berdiam diri di suatu tempat daripada berinteraksi dengan sesama. tidak begitu buruk sih, namun jika kita tidak menyadarinya dan terlalu dalam bergumul dengan sifat introvert ini. kamu bisa menjadi pribadi yang benar-benar aneh dan tidak disukai orang. banyak disindir orang dan diragukan kredibilitasnya.


       nah, karena aku juga seorang introvert, aku akan mencoba sharing buat kalian tentang bagaimana sejatinya introvert itu, bagaimana menjadi introvertis yang excelent dan bagaimana mensikapi teman atau seseorang yang introvertis, namun sebelumnya aku ingatkan bahwa semua tulisan ini bukanlah suatu tulisan ilmiah yang kebenarannya berdasarkan teorinya bisa dipertanggung jawabkan, namun lebih sempit lagi, ini merupakan suatu wacana umum yang tersadur dari sebuah pengalaman pribadi.


     secara umum, introvert adalah  kepribadian seseorang yang lebih cenderung kepada perasaan dan pikirannya sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain atau dunia luar. hal ini tidak dapat disimpulkan bahwa seorang introvert adalah seorang anti-sosial, yang tidak perduli dengan lingkungan sekitar. sebenarnya dia juga seorang pemerhati, hanya saja dia lebih cenderung kepada pemikirannnya sendiri, itulah kenapa introvert lebih suka dengan hal-hal yang berbau tulisan daripada komunikasi verbal.
seorang introvert kebanyakan berperilaku secara non verbal,

       pendiem adalah sebuah kekhasan yang melekat pada orang-orang seperti ini, karena dominasi kerja sistem syarafnya bukan dalam bentuk ucapan, ataupun gerakan.tapi di fikiran.oleh karena itu dia sangat peka dan sensitif terhadap sesuatu hal, apapun itu.bahkan dengan hal-hal yg tidak begitu penting untuk difikirkan, seperti ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, dia tidak benar-benar berkomunikasi dengan orang tersebut, namun setengah fikirannya dia fokuskan dengan memperhatikan lawan bicaranya tersebut, itulah mengapa orang introvert terbiasa menjadi pendengar dan teman bicara yang baik, karena dia terlalu berhati-hati dalam berucap dan bertingkah lagi,

    si segan super hebat. karena sebelum berinteraksi dengan orang, seorang introvert terlebih dahulu menganalisis keadaan lawan bicaranya, seperti suasana hati lawan bicaranya yang dia tangkap dari raut muka dan gaya bicara, background sikapnya yang dia tangkap dari gerak tubuhnya, bahkan sampai menganalisis gerak bibir, pandangan mata, begitu detailnya seorang introvert dalam menganalisis, namun tidak semua analisisnya tepat, karena diambil dari sebuah rekaan dan pengalaman, tapi hebatnya, seorang introvert yang baik akan cenderung berfikir logis dan obyektif. karena jika tidak, maka dia akan segera mendapatkan kejenuhan dalam berkutat dengan fikirannya

    seorang introvert mencoba menjadikan dirinya sebagai seorang yang perfeksionis, maka jika dia tidak sanggup menuangkan ide-ide cemerlangnya, dia akan kehilangan kesempatan mendapatkan image yang excelent, sedangkan ide yang cemerlang hanya bisa didapatkan dengan suatu pertimbangan yang benar-benar obyektif untuk nantinya dipresentasikan dengan orang lain, sisi buruk seorang introvert dalam hal ini adalah dia sanggup mencitrakan dirinya dengan bentuk yang berbeda-beda dalam berinteraksi dengan orang lain sehingga dia benar-benar ahli dalam meng-kamuflaase kepribadian.karena hanya dirinyalah yang tahu tentang karakter yang sebenarnya.

­
   mungkin pernah terfikir dalam benak kamu tentang orang-orang introvert ini, bagaimana mereka menemukan kenyamanan hidup tanpa berinteraksi, bahkan terkadang mereka tiba-tiba mengasingkan dirinya ketika sedang berada di kumpulan keramaian.?? dalam kehidupan introvert, dia menemukan dunia vitualnya dalam fikiran mereka, dimana dalam fikiran mereka terbentuk dua sosok figur yg saling berinteraksi dalam memikirkan sesuatu, mempertimbangkan, memutuskan, bahkan hanya sekedar menganalisis dan mengomentari keadaaan,dalam dunia nyata dapat kita temukan sikap-sikap aneh mereka seperti 'ngomong sendiri',' atau ' tersenyum sendiri'.

     dalam kehidupan imajinasinya ketika mereka ngomong sendiri, dua figur tadi seolah berdebat satu sama lain dengan satu server,otaknya. , dua figur tadi adalah dua hal yang berbeda, yang ibarat syetan dan malaikat, baik dan buruk..itulah yang menguatkan fikiran karena saking seringnya melatih dalam berfikir dan menganalisa sesuatu, dalam mempertimbangkan baik buruk. maka tak aneh jika mereka cerdas dalam mengungkapkan ide-ide baru yang cemerlang, namun terkadang itu juga  yang membuat mereka sulit dalam mempertimbangkan atau memutuskan beberapa perkara tertentu.karena hanya berkutat pada fikiran sendiri, berdasarkan intelektualitas, wawasan dan pengalaman yang dia punya, bukan logika atau fakta, meskipun sebenarnya dia juga berusaha untuk sampai pada titik logis yang sebenarnya.hal baiknya, mereka lebih sering mengakui kesalahannya, memaafkan dirinya­, dan kemudian mengambil kebenaran yang baru untuk diaplikasikan ke dalam fikirannya.

      dalam urusan performa, seorang introvert akan mencoba menjadi pribadi yg tenang n cool diluar, bersikap tenang, sedikit bicara namun kata-kata yang keluar selalu bijak dan menyenangkan, matanya terkadang memperhatikan sesuatu dengan dalam, namun ketika berinteraksi dia terkadang tidak sanggup bertatap mata dengan lawan bicaranya, pandangannya penuh pesona, itu bisa terlihat dari matanya, dan seorang introvert yang sudah paham dengan karakternya pasti akan bersikap seperti itu, dia akan tenang dan cool, meski di dalam fikirannya berkecamuk dan ramai, bergolak memikirkan ini-itu,.karna itu memang idealime orang2 introvert..hal positifnya, tipikal2 ini benar2 sosok yg romantis...karena seringnya dia memperhatikan pengalaman2 hidup orang lain, hampir2 dia bisa menebak apa yg membuat seseorang senang, ataupun marah.namun seorang introvert yang buruk akan benar-benar acuh dengan orang lain dan cenderung bersikap egois, karena tak pernah sedikitpun mereka berkeinginan untuk diperhatikan doleh orang lain.

        seorang introvert terlalu dalam memposisikan perasaannya, karena mereka lebih banyak berfikir kemudian memendam perasaannya daripada mengungkapkan apa yang dirasakannya..itu yg membuat mereka mudah jatuh cinta, dan sulit melupakannya. bahkan terkadang perasaan-perasaan tadi mengganggu kehidupannya, namun mereka pandai dalam menutupinya, tak jarang orang-orang seperti ini menjadi pemegang rahasia terhebat, karena dalam urusan diary pun dia tidak akan blak-blakan mengekspos seluruh kehidupannya, karena dia paham suatu saat pasti ada seseorang yang membacanya.dalam hal cinta, seorang introvert benar-benar terlihat romantis karena mereka pinter membahasakan perasaannya kepada pasangannya sebagaimaan keahliannya dalam menulis, maka tak sedikit seorang introveret yang jago bermain puisi.

    di balik segala kehebatannya tadi, ternyata seorang introvert yang tidak pernah mau memahami dan mengontrol karakterny ini akan menjadi pribadi yang benar-benar buruk dalam memposisikan dirinya sendiri dan dengan lingkungan lain,seorang introvert yg tidak sanggup memahami sfat n karakternya akan menjadi serang yg anti-sosial dan penakut. dia hanya memikirkan apa yang enak dan bisa dinikmatinya tanpa memperhatikan orang lain, dia takut dalam mengespresikan kelebihannya, takut orang lain mengetahui karakternya, dan dia benar-benar menjauhi orang lain, akhirnya sedikit orang yang dekat dengannya dan begitu pula dia tidak akan diperhatikan orang lain.
     sebenarnya introvert n extrovert itu lahir dari sebuah ketidakseimbangan seifat seseorang dalam mensikapi kehidupan perasaannya dan kehidupan sebenrnya..org introvert lebih dalem sakit hatinya dan rasa ingin tahunya tinggi meskipun dia akan menjawab rasa ingin tahunya itu dengan caranya sendiri..jadi jangan bikin dia mati penasaran. 

177 comments:

dee said...

Terus, cara seorang introvert agar dia bisa merasa nyaman di lingkungannya gimana? Karena nggak banyak orang yg deket sama dia & gak banyak yg ngajak dia ngobrol?

Darkness Prince said...

seorang introvert lebih suka mengasingkan diri dan menyepi, jadi dimanapun lingkungannya, dia lebih banyak berinteraksi dg dirinya sendiri, dia selalu nyaman dimana saja asal tidak ada yg mengusikny dg sindiran atau omongan pedas, dia juga bisa berinteraksi dg baik, dan menyenangkan, karena karakter introvert tidak semuanya baik atau buruk, tergantung pribadi masing2 dalam mengontrol karakter aslinya itu,,

susie Ncuss [cahaya langit] said...

hei...
kunjungan balik...

i am an introvert person too..
tapi... "ditutup" dengan sanguinis yg cuek abis.
ga kebayang kan gimana bentuknya?

sama.. =))

Darkness Prince said...

@susie~ ya sanguinis memang bagian dari introvert juga...dan sepertinya kita memang sama.hohoho

Wulan W Ratri said...

Wahhhh ini bener banget... biasanya orang introvert itu peka banget perasaannya dan perfeksionis.. Aku itu kalau salah sedikit, pasti kepikiran... Tapi kalau urusan diary, aku blak-blakan, karena kebiasaan jujur.. Aku sering cerita macam2 ke orang lain, terlalu anggap positif orang lain deh... Itu campuran introvert dan ekstrovert mungkin ya? :)

Darkness Prince said...

@wulan~ waah.itu mah namanya introvert yang gak konsisten..heheheh...apapun,yg penting baik buat diri kita ma orang laen..ok..?? :-bd

dinicunil said...

boleh minta ijin share kak?:)

hampir sama kaya comment mbak wulan, aku juga gitu, mungkin udah nggak 100% introvert kali ya meskipun dulu aku bener2 tertutup bahkan boleh dikata an-sos..hehe :D

Darkness Prince said...

@dinicunil~ooh silahkan2.. sebenarnya semua karakter bawaan yang kita punya adalah baek, karena itu karunia dari Allah yang kudu disyukuri, cuma dalam aplikasinya kita kudu rubah dikit-dikit, karena hidup itu slalu dinamis dan butuh kita sikapi dengan sebuah karakter yang kuat, jadilah orang yang tidak terpengaruh oleh lingkungan, tapi sanggup mempengaruhi lingkungan dg baik.itu kuncinya :D d

pro.jek said...

wahh menarik tulisannya.. sy baru menyadari ternyata hampir semua sifat tersebut nempel di saya..

Darkness Prince said...

@pro.jek~silahkan diaplikasikan mas :)

Anonymous said...

mengagumkan....... siapa dia?

Anonymous said...

:)
aQ sich cuma mau cerita sm org yg Q rasa mau mendengarQ,dan sialnya aQ mrsa gk ada org yg bs memahamiQ walaupun dia mndengar,aQ paling anti merepotkan org lain n paling anti merasa utang budi,seandainya aQ bs sndri aQ gk akan mnta bantuan org lain,aQ jg pling gk suka dgn kalimat tanya yg dilontarkan ke aQ,aQ jg paliiiing benci klo aQ gk dihargai krn aQ sbisa mgkin sllu mhargai,aQ jg benci klo pendapatQ dibantah itu smakin bwt aQ mles brpendapat(tp klo brpendapat lwat tulisan,kcil kmungkinan dibantah,that's I like),sgla urusan Q urus sndri n aQ jg sring jln2 ke mall sndri,aQ jg susah bgt nyapa org(aQ cm bs nyapa tkg roti dkat rumh,tkg becak,tkg sapu skolahQ,satpam skolahQ,kucing2 liar)tp aQ ttep org yg humoris n gokil kok(pd tmpat n wktunya),aQ jg pnya ckup byk tmn,
aQ jg prnah pnya kpribadian ganda,tokoh yg bnar2 hdup dlm tbuhQ,dia trcipta krn kcintaanQ pd diri sndri,tp saat aQ mulai mncintai org lain slain diriQ tkoh itu lama2 hilang :)

apa aQ introvert?dan apa sikapQ uda tepat?

Anonymous said...

^
^
^
namaQ agnes sachiko,aQ pemilik comet di atas,slam kenal

Anonymous said...

aQ pernah punya blog namanya : siHeboh yang penyendiri
hehe,tp gk ada isinya sich blognya,gk sempat ngisi :D
_agnes sachiko

Darkness Prince said...

@agnes sachio~ salam kenal sachiko ^^, tulisanku ini murni bersumber dari pengamatan dan pengalamanku sendiri, karena akupun seorang introvert. jadi kebenarannya belum tentu 100 persen. hmm..mungkin km jg tmasuk seorag intovert sebenarnya jika kita mau membedakan apakah kita tipe introvert atau ex, kita bisa melihat apakah kita tipe pemikir atau orang yg suka action, ,biasanya tipe pemikir cenderung pendiem n jauh dari dunia nyata, karena diam merasa mempunyai dunia sendiri, imbasnya adalah ke hub sosial, sebenarnya memang tipe introvert mempuyai kead sosial yg kurang baik, karena dia hanya memikirkan dirinya sendiri, egois, dan anti sosial..namun itu semua bisa disiasati jka qt emg sungguh2 ign berubah. yaitu dg sedikit merubah cara pandang. yaitu kebahagiaan qt tletak pada kebahagiaan orang lain, dg bgitu kita akan berusaha berhubungan baik dg org, berusaha menjaga perasaan, tanpa mementingkan diri kita sendiri. dg begitu insyaAllah akan ada perkembangan kejiwaan, dan lama-lama orientasi pemikiran kita pun berubah, introvert itu bukan sebuah kejelekan, namun pastinya setiap karakter mempunyai kekurangan m asing2, jika kita bisa melaluinya, kita akan menjadi pribadi yang hebat..siapapun dan bagaimanapun kita, memang seharusnya kita berusaha untuk menjadi yg terbaik, bukan untuk diri kita saja, namun jg untuk orang lain ^^

Anonymous said...

:'(
aQ benci diriQ...
aQ benci krn aQ gk bisa ramah,td guruQ nyapa aQ duluan n blg "loh km skolah dsni,kok gk pernah km negor pdhl kita uda 1 bulan sama2 latihan di greja" *aQ pun speechless
sumpah aQ malu,kesal,marah sm diriQ sndri,
huufthh...
Pdhl guru itu jg tmn tanteQ,

err...emosi jd nya...
Kok bisa sich aQ cuek kali,sombong kali,,,
:(

aQ pengen berubah :(

_agnes sachiko

Darkness Prince said...

@agnes~ kalo emang km serius pengen berubah, lakukan 3 hal selama 2 minggu, dan rasakan perbedaannya,: menyapa, tersenyum, dan menanyakan kabar pada orang orang2 didekatmu.. jangan ada fikiran apa2..

mgkn km bersikap gitu karena kamu merasa tidak membutuhkan orang2 disekitarmu. cobalah untuk kumpul2 dg orang2, mengobrol, meskipuin itu diluar kebiasaan, akupun jg dulu begitu. terkadang paksaan itu diperlukan untuk merubah kebiasaan.

Alwan Ardiansyach said...

Salam kenal smwa!! Q bkn introvert tpi q emg lgi getol bnget liatin tulisan ttg Introvert coz kebetulan ada 1 krywn q yg senasib kalian. Selama b'bisnis slm 10 thn bru kali ni q temuin krywn yg sprti ini. T'kadang q m'rs kasihan klo dia dijahilin ma krywn yg lain. Sdh b'kali* q beri masukan scr halus agar dia gabung ma tmn*Y supaya dia ga trus dilecehin ma tmnY tpi sm sekali itu ga dilakuinY. Karena q rs dah lelah beridia support & kasihan klo dia dilecehin q skrg ni lgi bfikir mo pecat dia. Gmn menurut kalian smwa? Thx Salam Super!!!!

Alwan Ardiansyach said...

Salam kenal smwa!! Q bkn introvert tpi q emg lgi getol bnget liatin tulisan ttg Introvert coz kebetulan ada 1 krywn q yg senasib kalian. Selama b'bisnis slm 10 thn bru kali ni q temuin krywn yg sprti ini. T'kadang q m'rs kasihan klo dia dijahilin ma krywn yg lain. Sdh b'kali* q beri masukan scr halus agar dia gabung ma tmn*Y supaya dia ga trus dilecehin ma tmnY tpi sm sekali itu ga dilakuinY. Karena q rs dah lelah beridia support & kasihan klo dia dilecehin q skrg ni lgi bfikir mo pecat dia. Gmn menurut kalian smwa? Thx Salam Super!!!!

Darkness Prince said...

maaf baru bisa balas mas Alwan, menurutku itu salah satu pembentukan karakter introvert yang gagal, setiap karakter pada dasarnya mempunyai kekurangan-kelebihan, introvert-ekstrovert, semuanya punya kedua sisi itu, sebagaimana karakter yang ada pada karyawan mas itu, karakter pendiam dan mengasingkan diri dari komunitas seharusnya sudah bisa ditinggalkan, karena pada dasarnya sifat pendiam dan pengasingan tadi sangat bermanfaat baginya untuk moment2 tertentu saja, misalnya ketika dia butuh penjernihan fikiran atau sedang mencoba mencari inspirasi, tapi untuk karyawan mas ini rupanya terlalu egois untuk memanjakan sifat aslinya dan mengorbankan komunikasi sosial yang seharusnya lebih dia utamakan, kalo sudah begitu memang sulit, karena tanpa kesadaran diri penuh, sifat-sifat introvert itu akan berkembang menjadi karakter yang buruk baginya dan lingkungan sekitarnya. karena dia sudah merasa nyaman dengan keadaan seperti itu tanpa perduli penilaian atau keadaan lingkungan di sekitarnya atas pengaruh dirinya pada orang-orang.

adyan wibowo said...

Nice thread... Btw, saya juga seorang pendiam (very2 introvert), banyak sekali tantangan-tantangan yang harus saya lewati terutama dalam mengalahkan EGO dalam diri, dan semuanya tidak terlepas dari proses sedikit demi sedikit untuk berusaha menjadi lebih baik dan pengaruh lingkungan sekitar kita. jika bukan berkat ibu saya yang memaksa saya untuk bergaul dengan tetangga, mungkin saya akan menjadi pribadi yang benar2 anti sosial hingga saat ini...hehe..
Bagaimanapun juga pribadi introvert bagi saya merupakan sebuah anugerah, tinggal bagaimana cara kita memantaskan diri agar bisa diterima oleh dunia......
Salam kenal buat Mr. Darkness Prince

Darkness Prince said...

wah bener banget mas Adyan, semua introvert pernah merasakan betapa susahnya membaur dengan lingkungan sosial, namun tak ada yang buruk jika kita memang bisa mengendalikannya, dan itu memang bener2 sebuah anugrah, karena kebanyakan orang-orang hebat itu mempunyai karakter introvertis.

salam balik mas (^^,)d

Anonymous said...

hampir mirip dalam kehidupan yang gw jalani.
thanks info



Abdilah Syarif

Darkness Prince said...

@Abdillah Syarif_ya semoga kita menjadi introvertis yang patut diteladani mas, amin :)

Ichsan Afriadi said...

Dalam tulisan ini, aku seperti menemukan diriku sendiri.

dellia said...

Ka, saya pndiem, introvert n melankolis. Suka mrenung n bicara dgn diri sendiri, pny sdikit tmn bwt saya ga mslah tpi saya suka kesel krna dianggap gaib ad tpi ga dianggap

Darkness Prince said...

@ichsan Afriadi- salam kenal antar introvert mas :)

@Delia~ iya, itu memang karakter seorang introvert, tapi jangan cukup puas jadi diri sendiri. kalau seorang introvert lebih seka berteman dengan sedikit orang namun bener-bener terbaik, alangkah bagusnya kalau kita punya banyak teman terbaik kan? suka merenung dan bicara dengan sendiri itu gak masalah. itu bagian dari cara seorang introvert membuat dirinya merasa nyaman, namun sekali lagi, itu ada tempat dan waktunya sendiri..jangan melulu melakukan hal itu.jadikan kritik teman sebagai refleksi bagi diri kita, mungkin karena kita kurang perhatian dengan mereka jadinya mereka kurang menganggap mereka ada, ingat, sifat introvert atau ekstrovert itu cuman sifat dasar, semuanya punya kurang lebih. tinggal kita saja akan membawa sifat itu kemana. kembangkan potensi positif dari karakter introvert dan jauhi karakter buruknya. its ok introvert itu suka menyendiri, tapi bukan berarti pendiam akut dan tidak punya simpati terhadap sesama. over all, jadilah pribadi yang menyenangkan, ok ? :)

sammy said...

95% mirip dgn saya,dlu stlah llus skolah sya sngat sulit mnegur&mnypa orng lain tpi stlah ddesak kluarga untk mnypa&trsenyum pda orng lain sya mulai trbiasa mnypa orng yg sya kenal mskipun pda awalnya dicuekin tpi akhrny sya lumayan..tpi kbiasaan sya yg klo lgi marah,dongkol,kesal sllu mnyendiri blum bisa hlang dan kbiasaan trlalu brhati2 kpda orng yg bru aq kenal jga blum hlang..tpi klo sdah knal agk lama sya sdah biasa&tdak trlalu brhati2,kcuali mslah pribadi&yg sya anggap pnting

Fitrie Jamila said...

hai, boleh kah aq berteman dengan kalian para introvert, aq juga seorang introvert, tp keinginan dan harapan q selalu tiggi agar aq merasa dunia ini berarti dan semuanya akan baik2 saja ^_^, tapi masalahnya ketika menghadapi sesuatu tidak sesuai harapan dan rencana, rasanya itu sedih, tapi aq tidak mau putus asa,,,,

Darkness Prince said...

@sammy- ya..memang begitulah karakter seorang introvert, ada kurang ada lebihnya...apalagi yang berhubungan dengan interaksi sosial..tidak ada salahnya tetep berada di dalam lingkaran intovert selama hal-hal yang tidak baik bisa dihilangkan..salam kenal mas sammy :)

@fitrie Jamila_ bolehlah mbak,,,ya seorang introvert memang mempunyai ambisi yang tinggi, perfeksionis...itu salah satu kelebihan. namun memang gampang terpengaruh dengan keadaan, gampang down, scara psikis bisa dianggap labil, ya, itu juga PR bagi seorang introvert bagaimana memperkuat kepribadiannya..

lia nur said...

assalamualaikum ... salam kenal, untuk saudara2 semua.. hmmm introvert? mngkn aku mmpunyai penglaman sama tentang hal tsb. dikucilkan tman2,gampang down dan labil. tapi suatu kebanggaan bagi kita karena dalam introvert itu ada sifat malu, yang akan menyelamatkan kita dari pengaruh buruk perkembangan zaman yg semakin terasa fana'ini. terimakasih buat Darkness Prince yg sudah memotivasi para introvert untuk maju...

Darkness Prince said...

@lia Nur~wa'alaikumsalam warahmatullah... salam kenal juga mbak lia :) .., iya memang sifat pemalu menjadi identitas asli para introvert, begitu juga dengan kelabilan psikis, its fine.. tapi untuk dikucilkan teman, sebaiknya kita benar-benar mencari tahu alasannya, kita tidak bisa serta merta menyalahkan mereka karena mereka berprasangka seperti yang mereka lihat. nah untuk masalah menjadi seorang pendiem, anti sosial. perlu kita rubah..jangan bangga menjadi seorang yg pendiem dan anti sosial, karena itu bagian dari kekurangan seorang introvert. kita bisa merubahnya selma kita yakin kita bisa berubah. jadilah intovert ketika kita sendiri, dan ketika kita berada dalam lingkungan sosial.berfikirlah untuk menjadi pribadi yang menyenangkan juga bermanfaat..kita pasti bisa..take care ya :)

windi said...

aq juga seorang introvert, cenderng mandiri ga mau merepotkan orang,asyik dengan pikiran dan institusinya sendiri dan suka melakukan apa2 sendiri walau terkadang dnilai aneh oleh orang lain, sebuah kelebihan sekaligus kekurangan. Btw q mulai berfikir orang g mungkin selamanya hidup sendiri, ngapa2in sendiri alias pasti membutuhkan teman atau orang lain untuk bersosialisasi. mungkin sifat itu yang pelan harus diubah..susah2 gampang memang memang berkepribadian seperti ini..namun dibalik keunikan adalah sebuah hal yang harus disyukuri karena ini juga merupakan bagian dari karunia Tuhan, tinggal kita sendiri (lagi2 diri sendiri :) yang harus merubah sifat2 buruk menjadi lebih baik../semangat terus untuk memperbaiki diri...........!:P

Darkness Prince said...

@windi_ya..bagus. itu artinya windi sudah bisa bangkit dari kelemahan seorang introvert, bisa terjadi karena pengaruh lingkungan, pemikiran, golongan darah. atau mungkin anak sulung, mgkn windi bsa cerita lagi disini lebih lanjut biar bisa jadi masukan, dan contoh buat teladan yg lain.salam kenal buat windi ya :)

sammy said...

alhamdulillah kkurngan sprti dkucilkan tman&terasing sdah mulai hilang tpi ttep dgn keintrovertan sya yg tdk akan sya hilangkan..sya mw tnya apa ada hbungany introvert&indigo??saya sammy yg diatas

Darkness Prince said...

@sammy-bagus mas sammy, saya kira tidak ada hubungannya antara introvert dengan indigo, hanya saja biasanya seorang indigo cerderung bersifat introvert karena kehidupannya berjalan tidak seperti orang umumnya, bisa jadi karena dia lebih sering berinteraksi dengan dunia indigonya, jadi kurang responsif dengan dunia luar..

Anonymous said...

Aku juga seorang pendiam...!
meskipun kadang bisa berbicara dengan orang lain,namun terkesan seperti mengintrogasi seseorang...
karna yang ku lakukan hanya bertanya,
dan ketika dia bertanaya balik aku hanya bisa berkata ya/tidak ataupun jawaban ny hanya singkat, setelah itu hening berkelanjutan karna tidak tau apa yang harus di bicarakan.

belakangan ini agak tidak nyaman sih dengan sifatku ini, karena aku merasa tidak bisa apa2 ketika dalam keramaian dan hanya bisa menjadi pendengar yang budiman..

Aku rasa aku orang yang cukup membosankan,melihat mereka mencoba berinteraksi dengan ku tapi aku tidak bisa membalas ny....!

maaf lw tata bahasa ku berantakan.

kalau diperkenankan aku inin meminta saran kira2 apa yang bisa aku lakukanuntuk merubah sifat ini...?

@zulfan

JUJUR...aku ini orang yang hidup dalam kebingungan...

Darkness Prince said...

buat mas zulfan. pertama kali yang harus anda lakukan adalah berusaha berkomunikasi intensif dengan orang lain.

dari situ, carilah sesuatu tentang bagaimana mereka ini bisa bergaul akrab, apa saja yang biasa mereka bicarakan. bagaimana caranya menarik perhatian mereka, membuat mereka merasa nyaman dengan anda.

aku dulu juga begitu waktu SMA. merasa sangat bersalah mengapa aku gak bisa berkomunikasi lancar seperti orang-orang atau temen-temen sebaya. maka aku berusaha untuk berubah.

ajaklah bicara dengan siapa saja yang anda temui, buatlah mereka dekat dengan kita, apakah dengan memberi mereka perhatian atau dengan cara melucu. fikirkanlah lingkungan sekitar anda sekedar sebagai bahan pembicaraan ketika kita bertemu seseorang. terkadang bukan karna kita gak bisa ngomong, tapi karena kita bingung mau ngomong apa. nah solusinya adalah dengan kita berusaha mengetahui segala sesuatu, tentang berita terbaru, tentang bola, atau apalah.

yakinlah bahwa kita bisa seperti mereka. berusahalah untuk menjadi seseorang yang nyaman untuk didekati. begitu mas zulfan. salam kenal :)

Agus Fitriana Abdul Aziz said...

Dari kecil saya sudah dipanggil si pendiam,juga pemalu dan suka menyendiri. Dulu saya tak mengerti tentang sifat saya,yang ada adalah mengikuti apa yang ada dalam rasa dan pikir.
Disekolahpun teman akrab saya rak lebih dari jumlah 5 jari. Dan sekarang di usia 30an masih tetap begitu. Berbagai titel aneh disematkan pada saya sama orang2 disekitarnya. Saya tak suka keramaian ,saya tak menghadiri acara undangan hajatan,apalagi nonton hiburanya. Tetapi saya hadir ketika ada kerjabakti,org kena musibah saya
berusaha utk bantu karna itu ada manfaatnya. Saya
tekun bekerja (kata orang2 kyk robot),hingga dlm sebulan kurg lebih dpt gaji 6jt (introvert bukan pemalas). Saya tidak merokok,berjudi,mabuk atau main perempuan.
Sekarang saya tahu bahwa saya mengidap introvert akut. Org2 disekitar saya seperti membenci (tapi ada sebagian yang baik yang sangat akrab dgn saya),mereka menyebut saya siwayang!
Pria introvert sangat sulit mendapatkan jodoh,ini benar! Saya tak pernah pacaran atau punya pacar. Ngeri baget yaa...! :) Tapi itulah faktanya...
Udh dlu curhatnya..... mksh...

Darkness Prince said...

@agus- hehehe.saya sepakat denganmu mas, karena kita mengalami nasib yang sama, ya kurang lebih seperti itulah kehidupan orang-orang introvert, sayangnya selain introvert, saya juga seorang neurosis, orang dengan sindrom tingkat kecemasan hidup tinggi. anda lebih beruntung tetap mempunyai semangat membara untuk memperjuangkan hidup anda, sedang saya lebih sulit untuk sampai ke taraf itu. saya katakan sekali lagi, introvert itu bukan ketidak normalan kepribadian, tapi itu bagian dari veriasi kepribadian yang ada, sebagaimana kita mensikapi seorang diseleksia. seorang introvert bahkan lebih potensial daripada orang pada umumnya. hanya saja butuh penyikapan yang lebih spesial dari yang lainnya, jadi tidak perlu minder mas agus. hanya yang perlu kita dan introvertis lainnya cermati adalah kita semua berada dalam lingkungan sosial dimana kita hidup dengan berbagai interaksi interpersonal yang ada di dekat kita,ada baiknya kita tetap menjaga komunikasi dengan mereka atau dengan kata lain kita kudu sedikit menghiraukan selera introvert kita untuk menjadi orang pada umumnya ketika berada dalam komunitas masyarakat, sehingga mereka menerima kehadiran kita dengan baik, kita pun merasa nyaman ditengah mereka. ya, memang kehidupan introvert itu sungguh berliku, tetap sukses mas agus, moga lekas dapet jodoh, salam kenal :)

Anonymous said...

Jatuh cinta sama seorangintrovert itu sangat menyakitkan dan menyengsarakan hati :( :( capek

Anonymous said...

Mau nanya mas pernah jatuh cinta ga sih ?? Atau suka sama cewek gmn ? Ada kemungkinan cowo introvert suka sama cewe ekstrovert ?

Darkness Prince said...

kenapa dengan orang pacar introvert?
saya pernah jatuh cinta,tidak ada hubungan apakah dia introvert atau extrovert, namun biasanya terjadi menyilang.bisa dibayangkan 2 orang pendiem jadi pasangan,pasti lucu :D

seorang introvert mudah sekali jatuh cinta, hanya saja terkadang seorang introvert agak aneh dalam berhubungan, mungkin banyak maunya, mungkin posesif, mungkin juga tidak bisa diatur. namun itu semua bisa dirubah, apalagi dengan alasan cinta. tidak ada yang tidak bisa dirubah. salam kenal ya :)

Anonymous said...

Tapi suka sama cowo introvert itu ngeselin. Dulu itu aku deket bisa dibilang temen smsan cewe nya itu cuma aku setiap hari setiap menit smsan bahkan dulu sampai setiap noleh ke aku dy selalu senyum. Tp semua itu berubah waktu lulus trus nyambung ke sma kita beda sekolah semnjak itu aku sama dia loss kontac kita ga pernah smsan lg bahkan klo disms jwbnya itu cuma "y" g" aku jd capek. Trus tmen ku tanya sama dy kok dy jd berubah drastis dy blang dy ga tertarik sama dunia pacaran dy mau fokus sm peljrnnya. Dy jg blang klo dy bales sms semua orng itu cuma bwt ngehormati aja. Sumpah ngeselin bnget.eh jd curcel deh .maap. aku sari salam kenal jg. Aku cewe extrovert

Endang Riwayati said...

Introvert :(

Agus Fitriana Abdul Aziz said...

Oh tentu saja,tiap kali melihat cw cantik sexy pasti jatuh cinta...hehe... Akan tetapi daya filternya amat sangat kuat,sehingga tidak asal aja seperti play boy. Saya harus berfikir ribuan kali,berimajinasi utk menentukan sikap yang paling baik yang tidak akan membuat sesalan di kemudian hari.
Ia,sebagai cowok introvert suka sama cw extrovert meskipun tak harus selalu ,namun tentu saja dalam batasan2 tertentu yg pada intinya
orangnya "baik".

Agus Fitriana Abdul Aziz said...

Ia terimaksih mas atas sarannya,salam kenal juga :)

Anonymous said...

Aku pernah dikatain sombong karena g pernah jawab telpon. Pdhal aku sudah bilangg ke semua yg punya no ku kalau mau hubungi aku sms aja.

Aku juga pernah dikatai jual mahal karena sering nolak ajakan keluar bareng teman. Pdhal acray g menguntungkan skali bagiku.

Aku coba menjadi ekstrovert, berbicra srmah n sbnyak mungkin, tp gagal.
Ya apa boleh buat, mungkin jadi introvert itu sudah karakter dari lahir ya.

Tp dengan aday tulisan2 seperti ini, aku mersa puny pmbelaan, pnya tman wlau tak pernah sling bertmu. Trima kasih untuk para introvert yg mau berjuang!

Darkness Prince said...

@cewek ekstrovert- untuk mendapatkan hati seorang introvert, kamu harus pahami dia seutuhnya. kita juga tidak bisa memaksakan seseorang untuk menjadi seperti apa yang kita inginkan, kuncinya, mengertilah keadaan dia, dengan begitu dia membuka diri, dan berusaha menempatkanmu di hatinya. semua orang punya masalah, semua orang punya urusan. jadi jangan menilai seorang introvert dari sekali atau dua kali pandang. :)

Darkness Prince said...

@anymous- kunci seorang introvert menjaga hubungan dengan orang lain adalah buat mereka mengerti tentang keadaan kita, bagaimana kita, apa yang kita tidak suka dll,dengan begitu akan ada satu sikap pengertian yang positif kepada kita, dan tiada lagi salah sangka.hubungan pertemanan pun akan tetap terjaga.. salam kenal mas... :)

Darkness Prince said...

@ mbak Endang Riwayati- memangnya kenapa dengan introvert mbak? :)

Anonymous said...

salam introvert mas..
saya baru saja lulus dan ingin segera mendapat pekerjaan, namun belum juga diterima. terbenturnya sering saat wawancara, saya kebanyakan diam dan hanya menjawab ketika ditanya, saya merasa canggung jika harus berbicara mengenai bakat saya dan diri saya terlebih dengan orang yang baru dikenal..
lalu saya juga merasa lelah dg keadaan ini, terkadang saya merasa putus asa terkadang saya berpikir optimis, selalu bolak balik antara dua pemikiran itu..
mohon solusinya mas.. terimakasih :)

Zaskia

Darkness Prince said...

@ZAskia - pada dasarnya sifat introvert adalah bagian dari anugerah Allah yg masih terbungkus, dimana perlu penanganan khusus untuk membuat anugerah itu nyata. not instan. jadi jangan jadikan introvert itu bagian dari kekurangan atau hambatan kehidupan anda, just enjoy with all these..

saya dulu pernah merasakan keadaan seperti itu, apalagi saya seorang pria, dimana pasif dan pendiam itu menjadi cela di lingkungan sosial. maka 1 hal yang perlu kita lakukan adalah kita harus bisa mengontrol karakter ini, bukan dikontrol lalu dibawa hanyut oleh dinamika dunia . ketika kita berada di keadaan dimana introvert menjadi hambatan,, lupakan sekejap sifat itu, larutlah dalam masyarakat. mungkin kita tidak bisa se-enjoy mereka saat berkomunikasi, tapi kita bisa mensiasati dengan mengamati karakter perbincangan mereka, buatlah seolah-olah kita enjoy dengan itu, sehingga kitapun bisa berkomunikasi aktif,,

begitu pula dengan masalah pekerjaan, ketika hendak wawancara, jadilah anda seperti orang pada umumnya, temukan apa yang harus dilakukan agar diterima di pekerjaan itu. jika anda merasa canggung atau malu ketika wawancara. anggaplah orang yang sedang mewawancarai itu teman kita sendiri, jangan terlalu berspekulasi bagaimana nantinya. orang yang mewawancarai kita butuh penjelasan tentang kita seutuhnya, kalau kita menutup diri padanya, itu sama saja kita menutup peluang sebelum waktunya.

jadikan kelebihan karakter introvert untuk menutupi kekurangannya. kita suka berimajinasi. imajinasikanlah diri kita menjadi orang yang hebat, buatlah lingkungan disekitar seolah mendukung kita, dan yang penting, positif thinking. kenyataan tak seseram bayangannya.
namun tetap kita harus logis, artinya kalau anda seperti itu terus, jangan harap untuk diterima...

ingat mbak..kita harus mengontrol introvert ini, bukannya dikontrol oleh sifat introvert kita..,

...sering-seringlah berkomunikasi dengan khalayak ramai, amati bagaimana mereka berkomunikasi, karena introvert itu bukan pendiam, tapi pribadi tertutup.

jika kita serius untuk berubah, insyaAllah pasti akan ada jalan, memang terkadang kita tidak tahu sampai kapan menunggu jalan itu muncul, namun usaha kita cukup menjadikan alasan untuk menantinya..

saya seorang introvert, juga neurosis. itu membuat kehidupan saya terasa lebih sempit dari orang-orang introvert lainnya. dan saya paham bagaimana perasaaan teman-teman introvert lainnya, saya bersedia membantu sebisa saya..

mohon di feedback, karena saya belum mengerti semua karakter anda..biar saya bisa membantu lebih maksimal..maaf kalau kata-kata saya agak membingungkan. salam kenal :)

Anonymous said...

Mas boleh minta kontaknya ndak?aku lagi jatuh cinta sama cowok introvert nih. Aku tipe yang kebalikannya extrovert. Jadi aku gak ngerti apa2 tentang cowok introvert

Darkness Prince said...

anymous: silahkan email saya di ayyash.elintifadh@gmail.com, nanti saya kasih kontak saya,,, makasih :)

Happy Virus wanna be said...

Iya nih saya juga introvert padahal sebelumnya saya rasa saya ekstrovert hanya pada orang2 tertentu, jika berada dlm keramaian rasanya kadang kesepian, tapi juga butuh waktu sendiri melakukan aktivitas sesuai keinginan tanpa diganggu org laen... kadang juga ngerasa dianggep kurang ramah atau jutek n jual mahal, tp memang itu kepribadian saya, memang lebih memerhatikan org didalan hati dan sering berbicara pada diri sendiri

Nur ASikin said...

saya introvert, saya salah ambil jurusan kuliah, saya salah masuk dlm bidang kerjaan, umur dah 28, mo kuliah dbidang yg sesuai org introvert dah telat dah tua, aq bingung dgn diri sendiri, mo kerja apa, merasa jd org yg gagal,.. nikah jg takut, takut anakny nya jadi sperti saya yg pendiam slalu dsalahkan..

Darkness Prince said...

@happy- introvert-extrovert itu hanya sebuah kecenderungan, tak perlu susah memutuskan apakah kita ini introvert, extrovert ato setengah2, enjoy aja... nikmati hidup kita sepenuhnya,jangan terpaku pada pemikiran kita..(karna kebanyakan qt salah dalam mengambil kesimpulan, karna tlalu lam bergulat pada pendapat sendiri, bukan orang lain). fine, qt buat flexible aja, ketika kita sedang ditempat umum, jadikanlah diri qt orang yg supel, ramah, care meskipun tidak sebagus supelnya orang lain,maksimal qt ud berusaha untuk itu, dan kalau qt lagi butuh waktu untuk sendiri, menghilanglah perlahan dan manjakan fikiran tanpa harus memaksa orang untuk mengerti kalau qt lg butuh waktu untuk sendiri, just turn off ur cellphone, or go to some lonely place. how awesome! emg susah, namun tidak ada yg tidak bisa dilakukan, slama qt masih bisa mengendalikan diri kita, membuka fikiran qt, dan slalu membisiki hati qt bahwa AKU HEBAT, :-)

Darkness Prince said...

@nur asikin- to he honest, nasib saya sama dengan anda mas, persis bgt, dan memang seperti inilah kebanyakan tragedi seorang introvert itu, ktika dari kecil kita disetting bukan seperti mau kita, dan ketika dewasa kita dilepas bgitu saja, padahal qt tidak sekuat org pda umumnya, maka seperti beginilah keadaannya, but, semuanya masih bisa dirubah. fikirkanlah bahwa hidup kita cuma sekali mas, jangan menghabiskan waktu untuk menyesali keadaan saja, bergeraklah. maka perlahan pintu itu akan terbuka sedikit demi sedikit. jika qt tlanjur masuk ke dalam pilihan yg salah, jgn lgsg kita rubah haluan kalau belum siap konsekuensi, karna hidup ini juga realita, tdk seperti mimpi yg srg kita bygkan,jalani saja dulu sampai ada keadaan dimana kita merasa siap untuk berganti ke tempat yg kita ingini. jangan terpaku pada bidang keilmuwan mas, yg penting adalah ini (nunjuk kepala), be a enterpreneur, why not? untuk membalas dendam atas pekerjaan yg tidak cocok. tekuni saja salah satu hobi yg anda suka, itu membantu mengembalikan gairah hidup yg hilang. 2 hal yg anda butuhkan sekarang adalah, DEKATI TUHAN, rajinlah shalat sunnaj, shadaqah, ikut kajian, dan yg kedua SERINGLAH BACA BUKU MOTIVASI. biasakan kedua itu selama min sebulan, trust me, it works...
dan satu lagi mas,semua kepahitan hidup yg kita alami jgn dijadikan ketakutan untuk melanjutkan masa depan, kalau khawatir anak kita nanti merasakan sma hal yg sama dg kita, tugas kita adalah membuatnya lebih baik, bukan dg tdak menikah, kita merasakan bgiji karna orang tua tdk tahu dg apa yg qt alami/rasakan, sehingga mereka tidak tahu bagaimana seharusnya mendidik anak seperti qt, tp jangan salahkan orang tua qt, karna mereka bukan Tuhan yg tahu keadaan qt secara detail, coba mas baca buku psikologi anak karya M Faudzul Adhim, itu bagus untuk memberikan qt gambaran gmn qt mendidik anak qt nanti agar bs menghindari perkembangan psikis yg kurang optimal.

slmat berusaha mas :-)

bogie ganilaga said...

Ciriciri introvert gan http://catatansigede.blogspot.com/2014/12/pengertian-dan-ciri-ciri-introvert.html?m=1

Caesar Atiensya said...

Assalamu'alaikum gan. Nggak sengaja nih nemu postingan agan. Kayaknya gua ngerasa nemuin diri gua di tulisan ini. Satu poin yang sangat menarik dan terjadi buat gua itu di kalimat....."karena dalam urusan diary pun dia tidak akan blak-blakan mengekspos seluruh kehidupannya, karena dia paham suatu saat pasti ada seseorang yang membacanya".....jujur aja gan, gua emang suka nulis buku harian (tapi nggak selalu) nggak tau kenapa gua nggak bisa secara "blak-blakan" dibuku itu, padahal itu cuma sekedar kata-kata yang bakal gua tulis, tetep ada rasa jaimnya :v apalagi soal cinta :v



salam kenal aja gan..... X)

Darkness Prince said...

@bogie: nice post gan..semoga bisa membantu orang-orang introvert yang belum sadar.hehehe.. salam kenal (",")d

Darkness Prince said...

@caesar: wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuhu. heheheh..ya, saya kira orang yang terbaik adalah orang yang paling mengenal dirinya sendiri. darisinilah saya coba menulis apa yang saya rasakan selama ini. dan ternyata banyak manfaatnya. kita para introvert banyak menemukan kesamaan. semoga dari sini kita juga bisa saling berbagi pemecahan masalah. karena kita tahu, masalah intovert pun tak sesederhana yang orang lain fikirkan. salam kenal. :-)

Anonymous said...

assalamu'alaikum, senang membaca artikel ini dan membaca komentar2 tmn2 lain yg juga introvert, mungkin saya termasuk introvert yg tergolong parah, kenapa?

karena bukannya saya tidak mau berinteraksi dgn orang lain, tp saya lebih banyak merasa takut dan cemas kalau2 kata2 saya bisa menyinggung perasaan org lain, takut kal mereka tau dengan karakter saya, takut kalo suatu hari ketika introvert sy kambuh sy akan menjadi orang yg paling cuek dan orang lain terluka dengan sikap cuek saya, makanya sy lbh memilih tidk berkenalan sm sekali

terkadang sy berfikir manusia bukan objek yg menarik utk sy geluti, sy lbh suka sibuk dgn pekerjaan2 saya,what happened to me??? bagaimana caranya menjadi lbh positif dan lbh normal dalam menjalani hidup?

yona febriyanti said...

Assalamualaikum... saya bingung sama sifat ini, kalo diem dibilang sombong, kalo banyak bicara... itu bertentangan dengan kemauan saya,,, yang paling saya ngga suka itu kalo udah ada tugas kelompok dari dosen, susah banget buat berinteraksi dan menyesuiakan diri.

Darkness Prince said...

@anonim_ wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuhu.

ya..memang begitulah karakter seorang introvert. dari yang awalnya terlalu dalam memperhatikan sesuatu., kemudian menjadi super sensitif terhadap segala sesuatu pula, karena saking dalamnya dalam mencemaskan hal2 yang belum terjadi (menurut perkiraannya) sebagai buah dari terlalu dalam memperhatikan sesuatu tadi. akhirnya yang terjadi adalah muncul sifat kecemasan yang berlebih. yang membuatnya tidak berani untuk bergerak atau melakukan sesuatu terlebih yang berhbungan dengan individu lain atau sosial..

pada akhirnya, sebagai manusia yang terus mendewasa. kita akan selalu dituntut untuk bersinggungan dengan sosial. mungkin ini berat bagi seorang introvert, namun yakinlah pada diri sendiri bahwa kita adalah introvert yang berkualitas. tak harus selalu kontak dengan sosial. pada intinya memperbaiki hubungan sehingga keberadaan kita diterima baik oleh mereka. itu sudah cukup.

sifat introvert tak selalu muncul, namun tak bisa dihapuskan. maka yang seharusnya dilakukan adalah bagaimana mengelola mood. jika mood kita baik, happy..maka kita bisa melakukan apa saja. berkomunikasi dengan bebasnya.dicoba saja bergaul dengan mereka.sekedar mengetahui gmn bergaul yg baik.

tidak masalah jika anda ingin bekerja dengan objek selain manusia. namun sebaiknya anda tetap menjaga orang lain menilai anda sebagai orang baik. caranya dengan menjaga hubungan..

jika anda ingin lebih positif, singkirkan segala kecemasan yang berhubungan dengan sosial. dan cobalah untuk membahagiakan orang-orang di sekitar anda.. take care :)

Darkness Prince said...

@mbak Yona- setiap orang pasti punya penilaian terhadap orang lain. itulah kenapa kita harus belajar untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lain. agar kita mampu memahami bagaimana orang lain memandang sesuatu. hal itu juga yang akan mengurasi ego yang ada di diri kita.

memang kebanyakan masyarakat luas melihat seorang introvert sebagai orang yang sombong karena tidak mau melebur dan bergaul dengan yang lain. ini tugas kita sebenernya. bagaimana kita mengelola sifat introvert kita. membuang sifat buruknya dan mengembangkan potensi positifnya.

jika anda susah untuk bergaul dengan teman2 kuliah seperti itu, cobalah untuk 'open welcome' terlebih dahulu. banyaklah tersenyum dan sekedar say halo. jika mereka sedang berkumpul, ikutlah terlibat meski sedikit bicara, saya yakin kita tidak selalu ingin menyendiri bukan.coba ikuti alur mereka. sebenarnya mereka tidak banyak menuntut kita, yang penting kita sudah berusaha akrab dan melakukan sesuatu dengan benar, seperti tugas. terlebih jika kita punya suatu kelebihan dan mereka membutuhkan kita. lalu kita berusaha membantu. saya rasa sifat kita tidak menjadi penghalang untuk itu. dan mereka paling hanya menilai kita sebagai orang yang tidak banyak bicara. namun kita baik dimata mereka. itu yang terpenting. :)

yona febriyanti said...

Makasih buat sarannya... walaupun sedikit kaku dan masih bingung mau ngomong apa, tapi saya udah nyoba buat akrab sama orang disekitar...
Makasih banyak...

Darkness Prince said...

@mbak yona- wajar banget kalo kaku dalam bergaul mbak, namun itu tidak menjadi hal yang salah bagi mereka. mereka akan paham kok sama karakte kita, yang penting kita dalam bergaul tidak egois, menonjolkan diri/sombong, dan kita ramah juga perhatian dengan mereka.itu saja udah cukup kok.gak perlu kudu banyak bicara. selamat mencoba ya..

wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuhu (maaf lupa jawab salam di komen sebelumnya) :-)

amelia tri permata dewi said...

ka cara mengetahui kalo cowo pendiam suka sama cewe gimana ya ka ?

Darkness Prince said...

@amelia_ cukup susah, kecuali kamu bisa membongkar itu dari temen deketnya. diary, akun sosmed atau blognya. biasanya dia tidak ragu mengungkapkannya disitu..

amelia tri permata dewi said...

tapi dia sekarang udah ada kemajuan ka , udah berani ngomong . pernah ketahuan sama mama aku kalo dia ngeliatin ke arah aku . cuma kenapa dia gak nembak nembak ka .

Darkness Prince said...

@Amelia_ mungkin itu bagian dari keseriusannya. berusaha mengubah dirinya untuk seseorang yang dia sukai. yang pasti kebanyakan introvert bersifat perfectionis. tak akan melakukan sesuatu kecuali bener2 yakin hasilnya seperti apa yang dia inginkan.

saranku.biar rasa2 itu beterbangan disekitar kalian. sampai kalian sudah cukup umur. kalo telah sampai. menikah saja. itu cukup efektif menjaga rasa cinta. pacaran sekenanya seringkali mengubah rasa yang dulu manis menjadi tabu bahkan pahit.terutama bagi perempuan.

amelia tri permata dewi said...

tapi ka dia sekarang mulai ngejauh dari aku , aku bingung dia ngejauhin aku karna dia merasa minder sama pendidikannya + perekonomiannya atau emang dia engga suka sama aku ?

Darkness Prince said...

seorang introvert punya tipikal yang lebih misterius daripada seorang wanita sekalipun. baiknya biarkan saja semua berjalan seperti biasa. km jangan terlalu berharap. biarkan dia memainkan insting lelakinya. untuk mengatakan dan bertanggung jawab atas perasaannya. kalau tidak mampu. relakan. berarti dia adalah seorang introvert yang buruk. km susah bahagia kelak dengannya. introvert ygr buruk lebih menyakitkan dari orang normal. krena sifat acuh tak acuh yg ekstrim.

amelia tri permata dewi said...

terus aku harus gimana ka ? aku ketemu dia aja tiap hari . apa aku ngejauhin dia ?

Darkness Prince said...

@amel_ gak perlu dijauhin lah..berteman kayak biasanya saja. jalani senatural mungkin. tiap kita kan punya proses hidup sendiri-sendiri. belum tentu dia sosok terbaik buat kamu dan kamu terbaik buat dia. ataupun kalo ternyata kalian ditakdirkan bersama. mungkin sekarang belum saatnya.

kalo km punya rasa, jadikan itu bumbu untuk memperindah harimu. tak perlu dipaksakan untuk menjalin hubungan. menurut pengalaman. pacaran tak seindah waktu pdekate lho.

intinya.. jalani aja selayaknya teman biasa. lalu biar waktu yang bicara.. :)

amelia tri permata dewi said...

terus ka sikap aku harus biasa aja di depan dia atau sedikit perhatian ke dia . soalnya aku yakin dia tau kalo aku suka sama dia ka , biasanya sih sikap aku di depan dia sedikit perhatian .

Darkness Prince said...

@amel_ dirubah semua sikap seperti itu, selama tidak ada hubungan yang jelas..baiknya tetap menjaga sikap dan perasaan.seenggaknya untuk menjaga penilaian orang lain kepada km..

amelia tri permata dewi said...

tapi ka aku yakin kalo aku sama dia emang gak bisa pacaran . karna begitu banyak perbedaan di antara aku dan dia , apalagi keadaannya dia cowo pendiem , mana berani nembak cewe .
terus ka misalkan aku ngobrol ama dia , aku natap matanya gak ?

Darkness Prince said...

@amel_bukan masalah tatap mata ato tidak.. tapi hatimu yang harus ditata. kalau sudah tak da lagi rasa. kukira interaksi kayak apapun akan berasa sama. gak beda jauh kalo lagi gaul ma temen lainnya..

amelia tri permata dewi said...

tapi gak tau kenapa ka aku tuh pengen bisa pacaran ama dia , dia tuh cowo kriteria aku ka . ortu sih udah seneng sama dia . cuma dianya tuh gak ngerespon , kayanya sih dia minder ka ama aku .

Darkness Prince said...

@Amel- umur mbak amel berapa?

amelia tri permata dewi said...

aku baru lulus SMA ka tahun ini , emang kenapa ka ?

Darkness Prince said...

@amel- kalo boleh kasih saran. tunda masalah asmara itu 3-4 th lagiya mbak. masih terhampar lembaran2 kanvas kosong yang butuh mbak amel warnai. cita-cita,studi, karir. kedewasaan.

jangan sampai terbawa ke pacaran yg nggak sehat, terus merusak masa depan mbak amel. :)

amelia tri permata dewi said...

iya ka aku tau , aku juga lagi mikirin cita-cita aku . tahun depan aku bakal kuliah + tinggal di asrama . jadi gak bisa ketemu lagi sama cowo yang aku suka :(

Darkness Prince said...

@Amel_hey.. jangan terpaku pada satu orang. barangkali diluar sana Tuhan sedang menyiapkan yg lebih baik n paling tepat buat kamu. :)

amelia tri permata dewi said...

iyasih ka , terus aku harus gimana ka ?

Darkness Prince said...

@amel: kalau kamu memikirkan hal yang belum waktunya. kau melewati hari2 yg seharusnya kau isi untuk menghias masa depanmu. kau perlahan akan tertinggal jauh oleh teman2mu. tentang kesuksesan, tentang cita-cita. hingga kau menjadi wanita biasa yang tak begitu spesial. kalau sudah gitu. siapa yang akan mengidamlan dirimu? gak ada

maka fokus saja pada masa depanmu. bahagiakan kedua orang tuamu. jangan biarkan hal2 yg gak jelas mengganggu masa depanmu. kelak ketika kamu menjadi orang yang berkualitas dan begitu spesial. hingga banyak yg mengidamkan kamu. lalu akan datang pangeran yang kan membuatmu begitu sempurna.

tenang saja. 4-5 tahun itu waktu yang tidak terlalu lama. namun jika kmu menyiakannya. mungkin penyesalannya seumur hidup.. :)

amelia tri permata dewi said...

oke ka , makasih ya atas sarannya :) aku cuma mao nanya lagi .
lebih baik kuliah tahun ini tapi langsung swasta atau kuliah tahun depan tapi nyoba di negri ?

Darkness Prince said...

@Amel_kalo menurutku pribadi, sebaiknya nyari perguruan tinggi yang berkualitas. tak perlu memaksakan tahun ini. masalahnya kita cenderung gampang terpengaruh sama lingkungan. sdg yg aku perhatikan dan alami sendiri. mahasiswa2 di perguruan tinggi yang gampang dimasuki (nggak nyebut swasta)cenderung pada kuliah asal-asalan. sukanya cuma main-main, jalan-jalan. bangga-banggaan ma status mahasiswanya.tapi kuliah nggak diperhatiin.

saranku. persiapkan satu tahun untuk mendaftar di perguruan tinggi terbaik. ikutlah bimbingan belajar serutin mungkin. layaknya anak sekolah. kalau keluarga kamu tidak tidak terhimpit masalah ekonomi. kamu lebih diuntungkan. gak perlu mikir kerja dulu. diseriusin aja bimbingan pra test perguruan tinggi negeri. kalo perlu tempel tulisan penyemangat di tembokmu. nggak masalah kok terlambat setahun. nanti kalo dikampus juga banyak ketemu teman yg sama2 terlambat kuliah. bahkan lebih dari setahun. yg penting esensi dari keterlambatan itu. kamu lebih matang dan fokus. apalagi sekarang banyak sekali beasiswa s2 keluar negeri. targetin itu agar semangat kuliah kamu nggak goyah.

satu lagi. kalau nanti kuliah jangan lupa ikut berbagai organisasi. organisasi itu penting untuk mengembangkan cara berfikir kamu. memperbanyak teman yg pasti suatu saat akan berguna. dan membuatmu cepat matang. semangat..!! :)

amelia tri permata dewi said...

iya ka , aku sih bisa aja ka tahun sekarang masuk swasta . cuma pengen nyoba di negri aja tahun depan , yang biayanya lebih murah .
misalkan aku nyoba negri tahun ini , gak bakalan keterima , soalnya aku kan dari jurusan IPS ka , pengen kuliah kebidanan . masa iya tiba tiba aku daftar negri , terus ngerjain soal tentang IPA , mana bisa aku nya . mao gak mao tahun depan , tapi aku harus ikut bimbel dan memperdalami pelajaran IPA .

Darkness Prince said...

Amel_ Sippooo.... b-,-d

amelia tri permata dewi said...

maksudnya apa ka ?

Darkness Prince said...

@amel_sippo, perfecto..semangat buat dek amel... :)

amelia tri permata dewi said...

iya ka makasih :) ka cowo yang aku suka itu (introvert) akhir akhir ini sering nunjukin di depan aku kalo dia lagi smsan . aku kenal dia udah setengah tahun , tapi baru akhir akhir ini dia ngeluarin hape dan smsan mulu . aku gak tau dia smsan sama siapa , kalo menurut kaka dia smsan sama siapa ?

Darkness Prince said...

@amel_menurutku kamu gak usah stalking dia lagi..all is enough, turn around and stare ur future. :)

Darkness Prince said...

orang introvert bisa dekat sama sapa aja. apalagi di dunia maya.bisa keliatan serius menjalin hubungan lewat dunia maya tapi gak mampu membuktikan di dunia nyata. itulah kenapa terkadang introvert bisa jadi playboy. karena mudah sekali menaklukkan hati lawan jenisnya.

amelia tri permata dewi said...

gimana kaga nge stalking dia ka , orang aku ketemu dia . aku juga gak tau di dunia maya dia seperti apa , sepertinya dia gak punya dunia maya .
kayanya sih cewenya ya ka , kalo temen nya gak mungkin smsan mulu . kalo smsan sama temennya mah seperlunya aja .

amelia tri permata dewi said...

gimana kaga nge stalking dia ka , orang aku ketemu dia . aku juga gak tau di dunia maya dia seperti apa , sepertinya dia gak punya dunia maya .
kayanya sih cewenya ya ka , kalo temen nya gak mungkin smsan mulu . kalo smsan sama temennya mah seperlunya aja .

amelia tri permata dewi said...

yang bikin aku takluk sama dia karna dia inget agama sama ganteng juga ka .

Darkness Prince said...

semenarik apapun lelaki yg kamu sukai. kalo dia gak jodoh kamu. dia gak akan menjadi milikmu. seburuk apapun lelaki dimatamu.. kalo dia tertulis sebagai pendampingmu. maka dia akan bersamamu. makanya. just close ur eyes. fokus perbaiki diri. biar sang pendamping nanti jg diberikan yang terbaik.. :)

amelia tri permata dewi said...

oke ka makasih ya , kata kata kaka bijak . kaka penulis ya ? ka laen kali aku boleh curhat lagi sama kaka gak ?

Darkness Prince said...

@amel_halah. biasa ajah... oke..baiknya kalo curhat lewat pesan pribadi aja. atau bisa lewat hp..nanti ku-emailin nomernya.tetep semangat..!! :)

amelia tri permata dewi said...

jangan lewat email ka , kaka searching ke facebook yang namanya Amelia Tri Permata Dewi . terus kaka kirim nomer kaka lewat inbox .

Darkness Prince said...

ribet amat... nih...gak pake lama 085724422210 :D

amelia tri permata dewi said...

wkwk oke ka , makasih ya udeh dengerin curhatan aku :)

Darkness Prince said...

@amel_you re welcome :)

Feby Schatzi said...

Aku introvert juga, jika berinteraksi dengan orang lain aku seperti pribadi yang berbeda-beda bukankah itu tidak baik ?
Bagaimana kamu mengatasi kamuflase itu?

kai said...
This comment has been removed by a blog administrator.
kai said...

Dari pengalaman hidup saya dg kepribadian saya yang kata orang amat sangat dingin ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan:
1. Mungkin ada yang berpikir bahwa intovert itu rada-rada sombong. Padahal anggapan itu sama sekali tidak benar. !!!
2. Mungkin ada juga yang memaknai intovert lebih ke arah negatif ( seseorang yang lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain) . namun, bagi pribadi saya tergantung bagaimana introvert itu menyikapinya. Maksdnya gini “ introvert itu cenderung perfeksionis sehingga ia akan akan berusaha menjadi yang terbaik tanpa menanggapi sekelilingnya yang tidak sejalan atau malah menghambat keberhasilannya dimana sikap “malas tahu”ini oleh sebagian orang dianggap mementingkan diri sendiri (egois).”
Singkat kata introvert itu bagi saya adalah anugrah, tinggal bgaimna kita mengontrol diri kita agar tidak terjebak dalam “ angan-angan kosong” mngkin kemampuan pikiran kita tsb dapat diarahkan untuk berdzikir.....
INTROVERT IS SO AMAZING and SOMETHING ELSE.

Darkness Prince said...

@feby- yup...itu tidak baik... ada dua faktor yg menyebabkan kita berkamuflase dalam bergaul. 1- kita terlalu mengeksploitasi kelebihan sifat introvert ini, 2- kita seolah merasa dituntut untuk selalu terlihat baik oleh mereka. menjadi pribadi yang penurut dan gak banyak neko-neko. biasanya ini terjadi karena sedari kecil selalu di-judge oleh orang tua. sehingga mau gak mau. kita terbiasa mengikuti apa mau mereka daripada keinginan kita sendiri.

hal itu seringkali karena kehidupan kita masih mengacu kepada orang lain. masih begitu ingin mendapatkan perhatian dan tanggapan baik dari mereka. namun kita menjadi semakin jauh dari diri kita sendiri. cobalah untuk mengikuti apa kata hati. sikap dan style seperti apa yang membuatmu merasa nyaman. singkirkan dulu semua tanggapan mereka. selama itu tidak merugikan orang lain. fine. lakukan. dan satu lagi. jangan pernah berharap mendapat pandangan baik secara sempurna dengn mengorbankan keinginanmu juga kata hatimu..

cobalah untuk membuat satu prinsip bahwa ketika kamu melakukan ini, itu adalah style khas kamu. itu lebih mengena dihati mereka daripada kamu merasa tertuntut untuk melakukan apa yang mereka harapkan.

Darkness Prince said...

@kai- ya...selalu begitu yang terjadi. karena mereka bukan Tuhan yang bisa mengerti kita secara mendalam. namun sekali lagi. hal ini perlu disiasati agar kepribadian kita diterima dengan baik oleh mereka. soal kelebihan introvert, sudah tak perlu ditanyakan lagi. maka tantangan yang terbesar adalah bagaimana mengubah pandangan-pandangan seperti itu pada diri kita. sedikit lebih terbuka dan memberikan perhatian lebih kepada mereka menurutku cara yang cukup efektif untuk mengurangi pandangan seperti itu.. :)

hadi firmansyah said...

wah semua sifat2nya ada di gw

Munir Fuadi said...

Salam kenal saya juga tampaknya seorang introvert, karena karakter atau ciri ciri yng diatas persis dengan apa yang saya alami dan saya lakukan saat sedang berkumpul dgn teman teman. Saat ini saya sering berkumpul dengan 2 kelompok perkumpulan secara bergantian (malam ini kelompok ini, malam besok kelompok satunya) nah, yg jadi masalahnya keintrovertan saya ini hanya terjadi/aktif ketika berada pada salah satu kelompok yang dikarnakan ada beberapa orang orang baru yg baru saya kenal dan belum akrab, sedangkan pembicaraan mereka selalu saling bercanda/mengejek satu sama lain bahkan saya pun pernah disindir namun saya diamkan saja dan tidak membalasnya karna sebenarnya sudah tidak ingin lagi saya lakukan (karna dulu saya juga suka bercanda dan mengejek teman), nah disinilah timbul keintrovertan saya dan saya pun menjadi pendiam krna takut salah salah ngomong atau salah diartikan maksud dr omongan saya jd saya pun memilih untuk tdk masuk kedalam pusaran canda tsb, sedangkan di kelompok satu lg saya tdk pendiam dan bisa sangat terbuka karna semua orang di dalamnya teman yg sudah lama kenal dan akrab. Yg ingun saya tanyakan apakah ini lumrah atau saya mmg introvert? Karna apa bila berada di lingkungan yg baru saya seperti di atas, dan memilih untuk diam sambil mengambil pelajaran

Darkness Prince said...

@hadi Firmansyah- ya..karena tulisan ini memang dibuat berdasarkan pengalaman seorang introvert itu sendiri mas,,bukan sekedar teori :D

Darkness Prince said...

@Munir Fuadi- menurut saya, mas bukan tipikal introvert. karna diam nya anda dalam cerita anda itu murni berasal dari idealisme anda, bukan karakter bawaan..seorang introvert memppunyai kecemdurungan pendiem yg masif.diam yang bukan sekedar diam, namun lebih ke ketertutupan diri. biasanya seorang introvert justru berusaha keluar dari kebiasaan diamnya itu. karena orang lain memanggapnya memang tidak wajar seperti orang kebanyakan. sedangkan anda, saya rasa bukan seorang introvert. dan mungkin saya salah :)

karakter bawaan (introvert-ekstrovert) tidak bisa berubah sebegitu mudahnya. dan mungkin saja memang tidak bisa berubah. namun kita masih bisa untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan sifat ini, seperti introvert yg mencoba untuk terbuka, atau ekstovert yg berusaha berfikir dulu sebelum bicara/bertindak.

mungkin mas munir bisa menambahkan biar semakin hangat :-)

Boy said...

Salam kenal ya mas, kebetulan saya juga seorang yang introvert. Walaupun orang bilang kita pendiam, ada banyak kelebihan jadi orang introvert jugaa.

Orang introvert biasanya punya planning yg bagus tentang masa depan nya, ketenangan dan kebijakan dalam ngambil keputusan juga hebat dan alhamdulillah bentar lagi saya bisa menggapai cita cita saya sejak kecil, jadi penerbaaang :D

Orang" yg dulu ngatain saya dari kecil sekarang udah diam mulutnya. Kita emang ga buktiin dengan omongan, tapi dengan tindakan :D

Salam kenal mas, btw kuliah apa udah kerja mas?

Darkness Prince said...

@boy- iya. betul banget itu mas.. introvert punya banyak kelebihan..hampir-hampir ada gen genius.. dan tipe introvert cukup disiplin karena dominasi idealis-perfeksionis yang melekat di dirinya. dan memang,namun dalam perkembangannya itu tergantung pada konsistensi kita dalam mengembangkan potensi tersebut, juga dukungan lingkungan sekitar (yang ini jarang sekali terjadi).dan lagi-lagi urusan 'diam' jadi persoalan.. semoga kita bisa mengatasinya..

saya sudah kerja mas. salam kenal dan sukses selalu.hehehe

Bayu Tox said...

Yup betul sekali , saya juga begitu. Lebih nyaman sendiri , dan dalam keadaan sendirian pasti memikirkan sesuat/ berbincang dengan dirinya sendiri, (seperti teman khayalan) yang di ceritakan diatas seperti malaikat dan setan yang memiliki polapikir yang berlawanan . disaat menulis diary saya lebih sering menulis dengan kata kata yang sulit dimengerti , bahkan saya yang nulis sendiri terkadan lupa / kagum pada diri sendi kok bisa saya menulis dengan kata kata yang sulit tuk dicmengerti .

Anonymous said...

Assalamu'alaikum

Apakah seseorang yang dilabelkan sebagai introvert itu adalah orang yang KUPER?
Apakah orang-orang semacam ini memang betul-betul manusia yang paling buruk, buruk
dan buruk jika dipandang dari segi karakter?
Saya merasakan sebagai seorang yang introvert itu dengan label karakter yang:
01. selalu menyalahkan diri sendiri
02. benci dengan diri sendiri
03. tidak punya percaya diri
04. tidak punya gairah hidup
05. tidak bersemangat
06. tidak mudah tersenyum
07. sebagai pendengar budiman
08. selalu menyendiri
09. tidak mau menceritakan masa kecil, masa sekolahan (SD, SMP dan SMA bahkan Kuliah)
10. tidak banyak omong
11. lugu, polos
12. tidak pandai melucu
13. tidak pandai bercanda
14. terlihat kalem
15. selalu bersedih hati
16. selalu gelisah
17. penakut
18. gerogi, gugup dalam hal bicara
19. tidak suka dalam keramaian
20. nyaman dengan kesendirian
21. selalu dalam kebingungan
22. dikucilkan teman
23. dibully teman
24. selalu sensitif dengan perilaku, perkataan orang
25. kurang bergaul, tidak pandai bersosialisasi
26. gemetar jika tampil dikeramaian orang (presentasi)
27. tidak punya cita2 hidup yang pasti
28. tidak punya inisiatif yang baik
29. cuek
30. sombong
31. ngomong dengan cewek gemeteran, mata berkedip-kedip, bibir gemeteran
32. selalu merendahkan diri sendiri
33. tidak menonjol di lingkungan, di sekolahan bahkan di kampus
34. menjawab pertanyaan lawan bicara tidak terlalu panjang
35. bicara yang penting2 saja
36. tidak berani lihat wajah lawan bicara terutama cewek
37. tidak punya kepandaian, talenta dan kreatifitas
38. membuat orang tua kecewa
39. tidak terlalu banyak curhat ke orang tua
40. tidak mau membuat kesalahan-kesalahan terhadap orang lain
41. selalu dianggap remeh oleh orang lain
42. mudah dibodoh bodohi
43. tidak punya prinsip hidup yang jelas
44. selalu berfikiran negatif
45. tidak memiliki masa2 indah
46. tidak terlihat bahagia
47. tidak terlihat ceria
48. tidak pernah pacaran
49. tidak pandai memikat hati cewek
50. tidak pandai merayu
51. tidak bisa menyampaikan opini sendiri (tidak bisa mencari solusi dari masalah) jika dalam suatu diskusi kelompok
52. memiliki iman yang rendah
53. selalu berputus asa
54. selalu ditertawai atau dianggap misterius oleh orang lain (yang mengenalnya)
55. selalu lamban dalam bertindak
56. selalu pesimis
57. tidak mau menunjukkan identitas dirinya yang sebenarnya
58. selalu menyesali diri sendiri
59. terlihat misterius
60. selalu ketinggalan
61. selalu dibelakang
62. tidak berkembang
63. ada niat untuk mau berubah
64. tidak tahu cara bagaimana merubah, menghilangkan, membuang label "INTROVERT" ini
65. selalu menganggap dirinya yang tidak berguna bagi orang lain
66. selalu mengomentari, mengkoreksi diri dengan berbicara sendiri atau tibanya "HABLUM MINALLAH"
67. bisa stress

dan masih banyak lagi sifat-sifat buruk yang ditemui di dalam diri seseorang yang mengidap introvert ini.

Anonymous said...

Apakah intovert itu suatu penyakit sosial yang paling parah yang pernah ada?. Dilihat dari sifat2nya kebanyakan sifat negatif, buruk,
tercela. Berawal dari manakah tumbuh, muncul dan bersarangnya label introvert ini pada seseorang? Apakah karena efek, dampak, akibat
ketika dia menjalani kehidupan masa kecilnya yang tidak terlihat menonjol sama sekali di lingkungan sekitarnya seperti bagaimana masa
kecilnya bermain-main dengan teman-teman sebayanya atau teman-teman yang diatas usianya (senior). Ataukah intovert ini ada pada diri
seseorang karena ada kemungkinan sifat turunan dari seorang.
bapak atau ibu kandungnya sendiri.

Sungguh, memang suatu penyakit sosial yang benar-benar buruk bagi aku yang pernah ada.
Sungguh, beruntunglah orang2 yang dilahirkan ke dunia ini yang non label "INTROVERT".
Sungguh, bahagia melihat orang2 yang sembuh dari label "INTROVERT"

Siapa yang bisa mengasih saran, masukan, kepada saya atas tulisan saya di atas?
Mohon, saya benar-benar benci, benci dan benci dengan label "INTROVERT" ini. Lama-lama takutnya stress yang berujung gila atau
suatu hal tindakan yang tidak diinginkan (termasuk dosa besar).

Perkenalkan: saya Angga

Darkness Prince said...

@bayu tox_ iya..memang seperti itu pembawaan seorang introvert.. tak perlu malu menjalani itu..sejauh itu hal positif. lakukan saja..asal tidak berlebihan. karena segala sesuatu butuh balance.

bener.satu hal lagi dari seorang introvert. jauh dari simpel. sulit sekali menjelaskan sesuatu dengan sederhana. rumit dan berputar2. baik itu sifatnya oral maupun tulisan. itu karena cara berfikir kita yang terlalu detail dan spesifik. kalau 'kerumitan' itu dapat diatasi.. itu bias menjadi kunci raihan hidup seorang introvert. karena hasil pemikirannya selalu luar biasa.

Darkness Prince said...

@angga- sebenarnya akar dari semua karakter seorang introvert muncul dari ketertutupan diri. dari situ kemudian muncul sifat2 seperti susah berkomunikasi, anti sosial, hingga menyangkut masalah psikis seperti lemah mental,rendah diri, cemas yg yang terlampau berlebih. juga semangat hidup yang meredup. kenapa sifat2 ini muncul hampir kebanyakan ke orang introvert. karena hidupnya berkembang tidak alami. kita membutuhkan kehidupan sosial untuk berkembang. baik secara mental maupun wawasan. kita (introvert) kurang pengalaman hidup sehingga semuanya ditakar dari takaran fikiran kita saja. bukan takaran realita. kita terlalu sensitif terhadap segala sesuatu yang mengarah ke kita. kita terlalu takut terhadap segala bayang2 yang ada. akibatnya. kita kolaps.. tak peduli berapa umur kita. kalau hal ini tidak segera diantisipasi. kita kehilangan KEDEWASAAN.

apakah itu semua menjadi kesalahan dan kekurangan introvert? jelas tidak, menurut saya. anggap saja itu bagian dari cobaan. sebenarnya cobaan diawal saja.

kita semua diberi paket keistimewaan oleh Allah swt. tinggal bagaimana kita membuka paket itu. harus dengan susah payah. atau tetap membiarkan paket itu tertutup.

kalau semua itu telah terjadi. berfikir semua telah terlambat.lantas apa yang harus kita lakukan.? kunci segala kunci dari semua masalah yang saya sebutkan tadi adalah 'SUDUT PANDANG', cobalah rubah sudut pandang itu. semua hal yang berhubungan dengan kekurangan introvert tadi. kalau bingung dengan penjelasan ini. saya kasih contoh yang membuat mata saya terbuka waktu itu, bahwa semua berawal dari sudut pandang/penilaian kita. dulu kita kalau ke mall selalu disuruh memakai pakaian bagus. necis. biar layak. tapi seringkali kulihat beberapa orang china keturunan (bukan berniat rasis) seringkali ke mall hanya memakai celana pendek kyk bob sadino. mereka fine2 aja. diliat orang pun santai saja. itulah yang membuatku berfikir. semua ini tergantung bagaimana kita memandang diri kita sendiri. tak perlu banyak memikirkan omongan orang. dengan begitu kita perlahan bisa hidup sebagaimana yang kita inginkan. sehingga perlahan kita bisa memperjuangkan hidup semaksimal mungkin.menjadi pribadi introvert yang berkarakter.

yang kedua, cobalah berdamai dengan lingkungan sosial kita. dekati mereka.cobalah berkumpul dan berbagi cerita. jangan sungkan mencari hal2 baru, lingkungan baru. menikmati apa yang bisa ditangkap dari 5 indera kita. maka perlahan hidup kita akan meluas. meluas pula pola fikir kita. cobalah.. hidup ini terlalu singkat untuk hanya diratapi :)

pander said...

aku introvert...
sewaktu msh umur belasan sempat berkembang menjadi orang yang tidak mau tahu dengan apa yang terjadi dengan dunia ini dan manusia yang ada di dalamnya...
😊😊😊

karena terlalu menikmati dan memanjakan imajinasi serta arus fikiran sendiri...
aku tak bth orang lain, aku mampu memikirkan banyak hal, aku bisa melakukan banyak hal...
dan semua perasaan itu membuatku larut ke dalam kesendirian yang berbahaya...
banyak hal buruk secara psikologi yang menyusul setelahnya..

namun untungnya ku tersadar sebelum aku menjadi hantu yang sempurna...
😁😁😁

saudara2 introvert ku...
aku tidak ingin kalian hancur karena tidak mampu menyeimbangkan sifat anugrah ini yang malah akan menjadi bencana yang membunuh banyak introvert di luar sana...
😢😢😢

simple aja..
cara aku sampai hari ini menyeimbangkannya adalah...
dari jam 07.00 s/d 17.00 (jam kerja bro... 😊)
aku akan bergaul dan membuka diri dengan orang yang ku temui...
akan ku buat mereka tertawa dengan tingkah dan kata-kata ku...
akan ku buat mereka melupakan masalah mereka...
😊😊😊😊

namun setelah pukul 17.00 sampai aku tidur...
aku akan mengunci kamarku...
itu adalah waktu ku untuk diriku sendiri...
aku kembali memanjakan diriku, fikiran ku, hobi ku, dunia ku,
semuanya....
jangan diganggu...
karena aku bisa marah.

Darkness Prince said...

@Pander_ Inspiratif sekali agan pander, so...tidak ada yang perlu ditakutkan atas introvert yang ada pada diri kita. kita hanya butuh merubah sedikit cara pandang dan pola fikir akan diri kita ke sosial..,selebihnya, biar berkembang secara alami..

Anonymous said...

Hy saya adalah introvert, saya selalu berfikir jika introvert adalah hal yg spesial, namun para sahabatku tidak pernah tahu jika aku introvert dan selalu memaksaku untuk pergi bersama mereka di acara yg benar benar rame dan itu membuat aku risih. Aku tak tahu harus apa, apa aku harus menolak atau menerima ajakan mereka? Dan mengapa mereka tidak mengerti apa yg aku rasakan jika berada di keramaian @ddf

Darkness Prince said...

@anymous - sebaiknya kita tak perlu memaksakan diri agar mereka memahami kita. dikhawatirkan nantinya kita cenderung ingin dimengerti dan dimaklumi sehingga malas untuk memperbaiki diri.

untuk masalah ini, tak ada salahnya kamu memberitahukan siapa kamu sebenarnya, pun setelah itu bukan berarti kamu selalu menarik diri ketika diajak ke berbagai acara. persiapkan mood dan mental untuk mengikuti acara seperti itu sesekali. agar terjadi perubahan positif.


perlu dketahui, karakter pesimis, sensitif dan termasuk egois sumbernya dari penarikan diri di lingkungan sosial. saya jelas tidak menyalahkan kamu. tapi perubahan ke arah positif tentunya akan menjadikan kualitas hidup lebih baik.salam kenal :-)

yusrizal tpb said...

Jika orang yg introvert menemukan orang yg menurut nya dapat dipercaya nyaman baginya. Maka percayalah bung.. dia akan menjadi terbuka, dia akan membagi cerita dan pengalaman nya..

Lendra Divi Aditya said...

Introvert bukan penyakit .
Salam kaum minoritas
Salam introvert ✌

Lendra Divi Aditya said...

Sedikit sandiwara aja
I know your feel

Darkness Prince said...

@yusrizal tpb- yup. sekali bung yusrizal.tidak perlu ada yang ditakutkan untuk bercerita kepada orang lain. terlebih bagi seorang introvert, ketertutupan hanya membuat mental semakin rapuh, jika kita mau mencoba untuk berbagi dan menjalin hubungan baik dengan sesama.. pasti akan terasa menakjubkan.

Darkness Prince said...

@Lendra Divi Aditya- ya.introvert bukan sebuah penyakit psikis. itu seperti sebuah kado yang masih terbungkus rapi.perlu dibuka biar tahu sebagus apa isinya.salam

solikin sudibyo said...

Hahaha bahkan aku pun pernah dulu.. aku minta sama TUHAN bukan uang banyak ataupun materi lainnya melainkan aku memohon berikan aku fisik yang kuat agar bisa melakukannya sendiri... aneh memang

prayoga dwipayana said...

Introvert ini mestikah disyukuri? Saya sudah berusaha melakukan apa saja utk menghilangkan label ini tapi ttap saja tidak bisa saya tetap pendiam, menyukai ketenangan bahkan sulit berinteraksi dengan orang lain apalagi lawan jenis, saya sudah kenyang dicap manusia yang egois, sinis, sombong, sok jaim dsbg, saya gak habis pikir terkadang saya merasa menjadi pemikir yang sangat dewasa disaat umur saya baru 15 tahun, saya bertanya-tanya apakah INTROVERT ini sebuah anugerah atau cobaan Tuhan? Orangtua dan keluarga besar saya tidak ada yg bersifat seperti ini, Utuk kakak², mas, mbak sesama introvert bolehkah saya berkenalan utk saling mengenal dan berbagi tentang ini?

Darkness Prince said...

Iya.. memang alur fikiran introvert rada rumit. Tinggal bagaimana mencoba untuk membuatnya lebih sederhana. Melebarkah sudut pandang

Darkness Prince said...

Saya juga belum berhasil mengatasi itu secara permanen.tp saya berusaha untul berubah.terkadang berhasil, seringkali gagal.. cobalah untuk memperluas sudut pandang. Dan fokus pada kelebihan yg anda miliki..kembangkan saja.

Darkness Prince said...

Saya juga belum berhasil mengatasi itu secara permanen.tp saya berusaha untul berubah.terkadang berhasil, seringkali gagal.. cobalah untuk memperluas sudut pandang. Dan fokus pada kelebihan yg anda miliki..kembangkan saja.

bidan cantik said...

hai, salam kenal , ak mahasiswa akademi kebidanan, sepertinya ak juga orang introvet , seperti yang kita tau seorang bidan itu kan ramah dan sosial banget , itu sebuah tuntutan buat harus bersosial dan tampil depan umum, kiraP gimna ya melatihnya hal intu, saya cuma bermasala bersosial degnag orang tua,sperti paman ,bibi, begitu juga dengan orang tua lainya. susah ngomong kyk orang cerewet dpan orang tua,kira* gimna supaya enggak enggan lagi ngomong sama orang tua gitu? terus berubah menjadi karakter orang lain itu baik gak ya,? kalau jadi orang periang, kadang saya di bilang viperaktif, dan suka ketawa gak jelas?sedih ya ,jadi kurang pecaya diri ,kurang bisa ekspor segala kereatifitas, pendapat. terimakasih banyak

Darkness Prince said...

@bidan cantik - sayangnya (menurut saya), karakter2 introvert sulit untuk dirubah. Yg bisa kita lakukan ialah mengatasinya agar keseimbangan sosial kita tidak roboh. I mean, karakter gak banyak omong akan tetap melekat,namun mencoba untuk humble ketika bersosial,its better for us.caranya? Merubah cara berfikir kita. Dibilang hiperaktif n ketawa g jelas karna qt gak menikmati apa yg qt lakukan. Cobalah utk belajar pelan2..kalo g bs ketawa senyum aja.sambil sesekali nambahin pembicaraan.kalo ga bs byk ngomong.kasih liat aja qt punya perhatian.t dah ckup kok.

Darkness Prince said...

Belajarlah mengendalikan fikiran kita dan naikkan kepercayaan diri.. itu kunci sukses seorang introvert.

Extrovert orgnya terbuka n humble di lingkungan sosial karna ga byk fikir macam2 kyk qt, sehingga mereka menikmati ap yg mreka lakukan. Itu jg yg membuat mereka percaya diri. Karna mreka berfikir tak ada masalah dg semua ini. Just be your self. Terkadang kita harus benar2 melakukan sesuatu tanpa byk memikirkan.

Darkness Prince said...

Belajarlah mengendalikan fikiran kita dan naikkan kepercayaan diri.. itu kunci sukses seorang introvert.

Extrovert orgnya terbuka n humble di lingkungan sosial karna ga byk fikir macam2 kyk qt, sehingga mereka menikmati ap yg mreka lakukan. Itu jg yg membuat mereka percaya diri. Karna mreka berfikir tak ada masalah dg semua ini. Just be your self. Terkadang kita harus benar2 melakukan sesuatu tanpa byk memikirkan.

mae syaroh said...

Saya tidak begitu suka keluar,tidak banyak punya teman, hanya beberapa teman tapi dekat,saat berada di kerumunan orang merasa agak terganggu saya lebih suka tempat yang tenang,tidak begitu banyak bicara, hanya orang orang tertentu yang bisa membuat saya bicara panjang lebar,kalau di kerumunan orang banyak saya lebih memilih diam, sepertinya saya seorang introvert

Darkness Prince said...

@maesyaroh- ya seperti itulah karakter bawaan seorang introvert,,, selama kita masih bisa mengatasi hubungan dengan sosial.its fine enough :-)

indrianidwi halimah said...

gimana kalo perpaduan dari orang yang introvert, melankolis, visual dan kinestetik?
apa yang akan anda katakan dengan orang dengan perpaduan seperti itu?

Darkness Prince said...

@halimah- to be honest, saya juga seperti itu. introvert slalu identik dg melankolis. itu g salah..karena memang kecenderungannya seperti itu, kalo visual dan kinestetik itu tergantung pada perkembangan sensor m motorik, i mean. tidak semua introvert mempunyai arah kecenderungan yang sama, namun slalu ada kesamaan identitas sbg seorang introvert.karena kepribadian introvert inipun terjadi karna ada sebab, bukan alamiah..silahkan.di feed back biar semakin menarik, salam kenal

Anonymous said...

Ya, semua yang di tulis benar dan ada dalam diriku.

Termasuk, sering berkamuflase dengan keadaan sekitar agar dapat berbaur dengan lingkungan
Seperti ku
Kadang aku harus berpura-pura menjadi karakter yang ceria dan banyak ngomong agar bisa menutupi karakterku sendiri

mas ikin said...

Salam Kenal semuanya, saya sedikit berbagi... berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang introvert kita memang perlu banyak belajar dan memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi introvert yang sukses. banyak kelebihan yang di miliki seorang introvert maka fokuslah terhadap kelebihan tersebut dengan sedikit demi sedikit memperbaiki kelemahan kita. wajar saja bila banyak orang menilai negatif terhadap kita terutama extrovert yang tidak faham apa itu introvert. kita tidak bisa merubah diam kita tapi kita bisa bealajar cara komunikasi kita bahkan kita bisa lebih hebat dari extrovert. saya bersyukur menjadi seorang introvert karena dari seorang introvertlah karya karya maha besar lahir coba liat Albert Einstein, Warren Buffett,Abraham Licoln, Bill Gates,Mahatma Gandhi dll. teruslah berjuang kawan "tidak ada yang salah dalam diri kita, kita hanyalah seorang Introvert". terimakasih Email. masikin192@gmail.com

ulan sayuti Jambi said...

Ijin share.

Darkness Prince said...

@Anymous- ya tapi itu tidak sepenuhnya benar, semakin kita tidak percaya pada diri, tidak menjadi diri sendiri..maka kita kehilangan jati diri..kita hanya berkutat pada apa kata orang..bukan sepenuh ingin kita,, dan yg terakhir selalu berujung penyesalan... bagaimanapun nyaman kita dlm berkamuflase.berusahalah menjadi diri sendiri meskipun pahit..

Darkness Prince said...

@mas ikin - betul sekali itu mas.. kita ibarat mutiara yang masih terbungkus lumut, tertutupi karang karang dan terombang ambing oleh hempasan ombak, buka,,segala potensi baik dr diri kita dan buang sisi buruknya. Introvert punya sisi baik dan buruk, jika kita bisa mengelola itu semua,kita bisa seperti orang2 yg tersebutkan diatas..tetap semangat dan jaga slalu moid indah dalam hidup kita.salam introvert !

Darkness Prince said...

@ulan sayuti - oiya silahkan, semoga bermanfaat :-)

Aya said...

Assalamu'alaikum, saya butuh pendapat nih bang, saya juga punya teman yang bertipe introvert, orangnya sangat sensitif, pesimis dan rendah diri. bagaimana cara saya dapat menghadapinya?. dan saat ini saya punya misi untuk membantu dia agar dapat segera menyelesaikan skripsinya, karena dia sendiri selalu mendapatkan tekanan dari dosen pembimbing dan keluarganya...ketika ditanya terkadang tidak menjawab dan cenderung menghindar. jujur terkadang saya tidak sabar menghadapinya.....bingung harus bagaimana...?, alih-alih mengerjakan skripsinya, ia melarikan diri dari masalahnya dengan melakukan hal-hal lain...., apa bang @Darkness Prince punya solusi...? terima kasih sebelum dan sesudahnya.....:)

渡辺ゆうな said...

hmm, kalau menurut saya seorang introvert biasanya cenderung pasti minimal memiliki seorang sahabat, tapi gk kaya spongebob dan patrik juga, biasanya mereka akan bertemu bersama dan mereka berdua pasti akan selalu mencari tempat sepi dan sunyi utk bisa saling berkomunikasi bersama, dan seorang introvert biasanya kadang cenderung diam saat berinteraksi dgn sahabatnya ini, namun saat sih introvert sudah sangat mempercayai sahabatnya ini, maka kadang ia juga akan aktiv dlm pembicaraan 2 individu, yaitu yang dia bicarakan ialah selalu mengenai perasaan, pikiran, bahkan kadang rahasianya sendiri, dan biasanya yang bisa menjadi sahabat si introvert ,biasanya memiliki sifat setia mendengar saat sih lawan bicara extrovert, dan dia akan sangat ribut saat berbicara dengan introvert, ya kamu yang ambivert lah yang biasanya menjadi pasangan setia introvert, karena seorang ambivert juga mempunyai dunia luar dan dunia internal, seorang ambivert memiliki 2 kelebihan dari setiap kepribadian yang ada, karena saya juga adalah seorang ambivert makanya saya juga punya sahabat seorang introvet

Darkness Prince said...

Wa'alaykumdalam wr wb.Yup..that is absolutly introvert. Kalo pengen bantu dia.bikin dia jadi raja. Dorong terus dan jangan pernah menyalahkannya. Jgn obrolin sesuatu yg terlampau serius, dibikin ringan. Karena hanya karna diksi/ pilihan kata yang kurang tepat, mood dan semangatnya bisa anjloj begitu saja. Doron terus dan naikkan moodnya. Meski dia diam, sebenarnya dia butuh support. Itu semua bukan ttg memanjakannya. Tp itu pertolongan yg sangat dibutuhkan. Sekali lagi.berikan perhatian sepenuhnya. Kalo dia sudah open ke kamu. Dia pasti mau bergerak. Maaf baru bales

Darkness Prince said...

Ya betul..introvert memang identik dg diam.namun sebenarnya bukan pendiam. Ketertutupan diri itulah yg membuatnya diam thd segala sesuatu yg asing. Susah untuk dekat dan memasuki kehidupannya. Namun sekli cocok.dy bahkan bisa lebih deket dg sahabatnya melebihi saudaranya. Introvert lebih nyaman berbicara dengan seseorang saja daripada obrolan ramai. Karna yg dibicarkan selalu serius n tak jauh dr perasaan. Itulah yg terkadang disalah artikan org2 bahwa introvert tdk bs bersosial.yg bener introvert punya tempat/cara sendiri di dalam interaksi sosial.

Sastra Adytia said...

Saya Introvert dan Melankolis, kondisi yang saat ini sedang dirasakan adalah: Jenuh dan ingin keluar dari dunia itu.

Anonymous said...

gimana cara introvert mengungkapkan rasa suka/cinta ke cewe?
Apa akhirnya dia berani mengungkapkan rasa tersebut ke cewenya?
Apa tandanya introvert sudah terbuka?
Kalo misalnya cowo introvert kirim wa ucapin selamat natal beserta emoticon kiss..apa artinya? sedangkan dia tahu jelas cewenya tidak merayakan natal. mohon dibantu. terima kasih.

pander sutrisno said...

Anonymous Anonymous said...
gimana cara introvert mengungkapkan rasa suka/cinta ke cewe?
Apa akhirnya dia berani mengungkapkan rasa tersebut ke cewenya?
Apa tandanya introvert sudah terbuka?
Kalo misalnya cowo introvert kirim wa ucapin selamat natal beserta emoticon kiss..apa artinya? sedangkan dia tahu jelas cewenya tidak merayakan natal. mohon dibantu. terima kasih.


Si introvert merayakan natal gak???
Terus apa kamu tau kalau si introvert tau si cwe tdk merayakan Natal???
Jgn2 si introvert salah kirim sms...
Dan yg plg penting, kamu tau dr mn kl dia introvert???


Btw,
Introvert tidak akan pernah mengungkapkan cinta melelalui mulutnya sebelum dia bisa dekat dgn seseorang secara emosional, sekalipun dia ada rasa suka kpd org itu...

Dia hanya akan memperlakukan org yg dia suka secara istimewa, dr pd org lain...
Lalu mengamati bagaimana respon dr org tsb, karena utk urusan mengejar cinta, introvert kurang agresif...

Tanpa di sadari oleh org tsb, si introvert akan selalu memperhatikannya dari kejauhan...
Jika perlakuan yang istimewa dr si introvert itu disadari oleh org tsb, kemudian menanggapinya dgn mengistimewakan kembali si introvert, maka disitulah akan terjadi kedekatan secara emosional, kalau sudah terjadi kedekatan emosional yg nyaman,
Barulah si introvert akan berkata " hey, aku mencintaimu"...

Anonymous said...

si cowo intro tidak merayakan natal n dia juga tau cewe tsb tidak merayakan natal.

deket secara emotional apa tandanya? n apa tanda dia memperlakukan yang dia suka secara istimewa?

bagaimana caranya kita tau kalo introvert sudah terbuka? apa dia akan cerita apa yang di tanyakan?

Mohon penjelasannya
terima kasih.

Darkness Prince said...

hey bro/sis. sorry banget ni jarang buka ni blog. buat yg mau tanya2 bisa lgsung via wa aja ya di 085724422210. salam introvert!
:-)

Anonymous said...

apa ada bbm?

Anonymous said...

Hey darkness prince... nampaknya anda introvert yang sampai saat ini masih mengasihani diri sendiri ya? Anda juga kesepian bukan?

Anonymous said...

Hey darkness prince.. kamu itu introvert yang mengasihani diri sendiri bukan? Setiap wejangan yang kamu tuangkan itu sebenarnya tertuju langsung pada dirimu sendiri

Anonymous said...

Ngapain jadi loser ke diri lu sendiri? Orang2 memang bisa sesuka hati meremehkan lu dan yang paling miris lu justru berlaku sama underestimate diri sendiri

🌟~F.D~🌟 said...

Izin share ya kakak :)

Darkness Prince said...

oiya silahkan dishare...makasih sudah komen dengan sopan F.D,salam Kenal :)

Pulsarrius said...

Introvert sosok pendiam ,dan mempunyai banyak rahasia ,mempunyai banyak keahlian dalam urusan sikap maupun pekerjaan,dan Introvert ini bisa masuk dalam kategori apapun karena dia bisa beradaptasi untuk lingkungan yang akan di jalani , selalu ingin mencari suasana baru yang bisa di nikmatin namun hanya sesaat dan ingin cenderung meninggalkan sesuatu
kalau ia sudah merasa bosan, lebih banyak menganalysys lebih dalam, dan bukan fokus .

Terima kasih

Aja Mo said...



Salam introvert. Mungkin kita bisa berbagi
D3786158

Adinda Salome said...

😒

Darkness Prince said...

@Pulsarius - betul.. sifat positif introvert tak jauh dari situ.sayangnya ada juga benih2 negatifnya.itu yang perlu disikapi dengan seksama..

Darkness Prince said...

@Adinda Salome - Salam Introvert. (-__-)v

Darkness Prince said...

@Aja Mo - lewat WA saja ya... takut kena serbu spam iklan kalo lewaat BBm. hehehehe

ilafi fredy said...

Saya ini seorang introvert. Sewaktu SMA sama cukup banyak teman karena saya termasukorg yg agak humoris.Namun kehidupan agak berubah ketika masuk di bangku kuliah. Wajah saya yg seperti anak culun dan tipe busana saya yg jadul sepertinya tidak dapat diterima oleh mahasiswa2 yg keren2 yg kaya yg baju2nya bagus bagus dan look nya terlihat modern. Namun saya belajar dr itu, saya mulai memperbaiki tipe busana saya dan memperbaiki look saya dan it work walaupun gak trendi trendi amat. Saya sebenarnya adalah anak yg rajin pernah ikut kepanitiaan natal di gereja waktu SMA, saya mau disuruh suruh. Mau membantu. Di bangku kuliah saya bertemu teman teman dari berbagai daerah. Ini cukup membuat saya jd merasa rendah karena saya di desa. Dan waktu itu sy di kota Malang ikut tante. Tante sya orgnya ada yg gengsian dan tdk mau kalah sama org, sy sedikit kecipratan sifat tersebut. Sy jd sedikit ada rasa gengsi. Sehingga saat pulang kampung, sy tdk mau lg kumpul2 ikut ibadah pemuda tapi hanya ikut ibadah minggu. Orangtua saya sebenarnya adalah tokoh masyarakat, RT, dan tokoh gereja. Saya tdk bisa mengkondisikan dan tdk dpt menyaring sikap. Namun saya jga menyapa org.Dr gengsi tersebut lama kelamaan timbul perasaan takut untuk kumpul2 dgn org (sebenarnya sebelum perasaan gengsi itu, sy menyimpan perasaan takut). Ketika sy di malang, anak dr tante sy seperti dipuji puji oleh tante sy yg lain dan sy sering disuruh suruh. Namun ketika tante tante sy ada drmh ortu sy (dan jg ada sy drmh) sy dan adik yg dipuji puji. Tp ketika di luar, sy dijelek jelek in dibilang tdk mau nyapu lah atau apalah (Padahal anak dr tante saya jg tdk pernah mencuci bajunya sendiri padahal sudah kuliah dan tdk pernah nyapu). Itulah yg membuat sy sangat tdk nyaman dan timbul perasaan perasaan yg negatif. Sekarang sy sdh berusia 25 thn. Saya yakin sy ini walaupun introvert, tapi sya mampu untuk membuka pembicaraan kecil kecilan dgn org, mampu untuk sedikit bercanda, mampu untuk bersikap ramah, sya sangat cuek dgn org yg umurnya dibawah saya/junior sya, sy jg sangat cuek terhadap senior sy yg saya anggap tdk menghargai sy, tp sy sngat takut untuk berbicara dgn org yg umurnya dewasa krn sy takut tdk bisa mengimbanginya. Pengalaman sy pernah berbicara dgn org yg lebih tua dr saya, saya jawab nggih nggih gitu eh malah dibilang sama om saya yg kerjanya cukup bergengsi katanya saya bisanya cuma nggih nggih doang padahal sy berusaha menghargai. Sampai saat ini, yg menjadikan saya agak beban yaitu muka saya termasuk tampilan tubuh saya. Kata org kalau rambut saya tdk dicukur pendek dan terlihat lebih gemuk saya akan terlihat tampan, kenyataannya saya sering potong rambut pendek dan ibu saya suka melihat saya potong rambut pendek tapi masalahnya org lain sepertinya tidak suka melihat saya rambut pendek karena katanya dibilang culun. Ya, wajah saya emang unik, kalau rambut pendek saya terlihat culun dan cupu, tp kalau rambut panjang saya terlihat tampan. Saya punya badan yg sangat kurus.
Yang ingin saya tanyakan :
1. Bagaimana caranya membuang ketakutan untuk berbicara dgn org yg lebih kaya/ yg fisiknya terlihat sempurna ?
2. Apakah saya harus mati matian mengubah postur tubuh saya dan mengubah gaya busana agar terlihat lebih dewasa dan modern ?
3. Di desa saya ada beberapa kelompok kelompok pemuda pemudi yg punya gengnya sendiri, saya sering mengalami ketakutan kalau mau berinteraksi atau gabung dengan mereka, tangan agak gemetar, dan suara agak serak, saya takut dikata katain dan takut dicuekin.
4. Saya mau tanya, menurut kalian apakah org yg good looking itu adalah org yg selalu dpt diterima oleh org lain ?

Darkness Prince said...

@Ilafi Fredy - sebelumnya aku minta maaf ya mas soalnya jarang banget buka blog, kalo mau bisa konsultasi langsung via WA 085724422210.
aku coba beri komentar sedikit ya mas.

untuk pertanyaan no 1. mari belajar keras untuk mengontrol mindet mas. tiap orang punya cara berfikir sendiri. ada yang punya cara fikir keumuman. ada yang beda dari dari yang lainnya. seperti introvert ini. sifat kecil hati,dll. sebenarnya bisa kita antisipasi. nggak bisa instan namun kalo ditelateni bisa berubah.

untuk pertanyaan no.2 mati-matianlah menjadi jati diri anda sendiri. konsep benar-salah sudah paten untuk kita lakukan dan jauhi. selain itu yang ada hanyalah penilaian-penilaian. bisa kita ambil sebagai masukan, atau acuhi kalo menurut kita itu tidak perlu. semua tergantung kita. belajar mengontrol mindset saja.

untuk pertanyaan no.3 : gak harus selalu good looking. ada aspek yang memang bawaan dari sananya. yang bisa kita ubah adalah sikap kita, bagaimana saat berinteraksi kita menjadi pribadi yang mengasyikkan dan enak diajak berkomunikasi. itu saja.

Felesia wiranti said...

Hi, saya mau nanya. Apa benar pria introvert akan mundur saat dia tau orang yang disayang tidak bahagia dengan dia. Ini aku lagi ada masalah min sama pacar aku. Dia skrg lagi jatuh, terpuruk lah. Kondisi keuangannya lagi kacau. Nah dia akhirnya minta jalan sendiri2 dulu. Aku emang ada salah sih min, pria introvert kan emang susah untuk ngomong sesuatu kan. Dia gak ngomong kalo lagi dalam kondisi terpuruk. Aku ngomel2 ke dia, chatku seharian kadang gak dibales. Malem aja bales nya. Jadi dia kayak kurang care ke aku. Aku sedikit kesal kok dia tiba2 berubah. Dan ternyata dia bilang kondisinya lagi nda stabil, dan dia bilang mending jalan sendiri2 dulu. Aku kira dia ada cewe lain, apa benar kalau ternyata dia nda mau kalau org yang disayang juga berada diposisinya. Padahal aku maunya selalu ada untuk dia saat dia susah gini min. Aku masih sayang banget sama dia min, tp dia nya sudah merasa nda nyaman dan mau jalan sendiri2 dulu. Apa sebenarnya seperti ini dia masih sayang aku? Apa ada kemungkinan aku balikan sama dia ya min? Tolong bantu jawab ya min. Makasih.

Erick the Hacker rumahan said...

"DARKNESS MY OLD FRIEND I TALK WITH YOU AGAIN"sepanjang hari diriku bersama teman tuaku kegelapan browsing di internet cara dapat duit dan mengisi otaku ini yang tak terstimulasi sekian lama,kesukaan ane biografi diktator,invention,hacker,theory conspiracy,nicola tesla,bitcoin,barbarian,youtube.

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--