Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, December 3, 2010

meng-optimalkan waktu

      pernahkah suatu ketika kita merasa malas melakukan pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan saat itu juga, dan akhirnya kita diam, tak melakukan satu apapun, tepar-tepar di tempat tidur seolah gak ada beban apa-apa. hayoo ngaku..pasti pasti pernah merasakan hal yang demikian. apalagi  buat yang masih menyandang status mahasiswa di luar kota dan jauh dari orang tua. bebas lepas mo nglakuin apa aja. ya kan..ya kan..(^^,), nah sesaat setelah melampiaskan rasa kemalasan tadi. kira-kira apa yang akan terjadi.???.

       " Hadoooh..gimana neh, tugas buat kuliah besok belom kelar, masih da jadwal presentasi,lom disiapin...whaaa...pakaian kotor numpuk,..baju-baju lom disetrika.." Dhuuarrr.....!!!..tinggalah saat yang ditunggu-tunggu, bencana lahir-batin seorang anak kost yang ancur-ancuran...pergi kuliah dengan baju kumel, muka redup-padam kayak abiz mati listrik...melangkahkan kaki gontai menyambut hardikan sang dosen karna gak bawa tugas dan jadi badut ketawaan di kelas karna gak paham tentang materi yang sedang dipresentasikan..jiaah...mahasiswa apaan tuh, hmmm...kalo dibilang parah, ya cukup parah...tapi buat mahasiswa-mahasiswa semester awal neh, cukup lumrah kok, mungkin masih dalam masa peralihan dari periode anak mamah ke periode anak bu kost..hahaha..tapi kalo nyang semester tua masih ngalamin kayak gini..makan tuh males..!!!


     emang ada apa seh dengan urusan waktu kayak gini??bukankah ini urusan pribadi, mo ancur, mo rusak, mo baik..itu urusan perorangan...privacy only..kayak bungkus kertas ujian nasional aje...gini neh guys, nyang pertama, sesama mahasiswa kite harus saling ngingetin, agent of change..sesuai dengan prinsip yang dijunjung tinggi bangsa Indonesia, bersatu kita teguh, bercerai karna ketahuan korupsi..jiahahaha,,,trus nyang kedua,emang sih ini urusan perorangan, tapi pernah gak kita mikir tuh kejelekan kita ngefek juga ke bonyok kita, coba ja neh, sebagai contoh...uang bulanan yang udah mati-matian disisihin bonyok buat uang saku kita, udah kita abisin dalam jangka waktu seminggu, kasihan gak tuh bonyok kudu nyari uang tambahan buat kita,
nah buat yang pengen tobat dari masa jahiliyah kayak gitu, gue mau share gimana seh cara mengefektifkan waktu agar menjadi mahasiswa yang sakinah, mawaddah, warahmah.....eeeehh...bentar,,bentar, maksudku mahasiswa yang bener-bener mahasiswa maksud gue..hahaha..okey check it out...!!!!

1. bawa selalu notebook kemana ajah,
    notebook disini bukan seperti laptop, kasihan ntar capek bawanya, tapi notebook disini berarti sebuah   catatan kecil, yah seukuran yang biasa buat contekan para pelajar gak bener itu lah..( gue gak nyebut mahasiswa, karena kalo mahasiswa segede gitu masih buat contekan, yah,,gak da bedanya ma anak kecil..kakaka,udah gak jamannya lagi brow,,,). nah, emang apa sih gunanya tu notebook, okey,,gini-gini...pernah gak lu merasa melupakan sesuatu, trus mikirrr...mikirrr..ampe budrek, bikin laper lagi..trus tiba-tiba bu dosen cantik (gak berlaku buat pak dosen, kalo pak dosen mah,ganteng atuh..(^^,) ) tiba-tiba bilang " hayo tugas minggu minggu kemarin dikumpulin di depan"..."haduuuh..lupa..".repot kan tuh...nah, tu notebook buat nyatat hal-hal kayak gitu, misalnya tugas-tugas kuliah, trus kalo janjian, mo beli apa-apa...kalo perlu daftar belanjaan langsung ajah ditulis disitu.gak pake lama..jadi kita gak perlu nginget2, sok inget..ntar lupa lagi...hehehe...

2. bikin sebuah tabel agenda di kamar
    tabel ini bisa dari papan tulis, whiteboard lah kalo sekarang..kalo ada greenboard, blueboard, ato pinkboard juga bisa. catatan-catatan yang ditulis di notebook tadi ditulis ulang di tabel tu sesuai hari ato sesuai deadline (kalo catatan diary mah di disimpen ajah, ntar kalo da temen datang berkunjung dikira sok melankolis lagi.hahaha)..nah, setelah ditulis rapi semuanya , dikasih catatan tebel di sampingnya, tiap agenda harus dikerjakan sesuai hari dan jam-nya, kalo gak, gak dapet jatah makan siang..hehe..untuk pemula, bisa deh ditambahin catatan batas waktu optional, artinya kalo emang terpaksa gak bisa dilakukan di waktu tu kita kasih batas waktu, pokoknya tidak boleh melebihi sampai hari tertentu gitu.nah kalo udah, tu agenda di sort-kan (diurutkan) dari mulai agenda2 terdekat, biar teratur n' gak ancur-ancuran..tu tabel kalo bisa dibuat agak gede n' tulisana jelas. kalo pengen lebih narsis dikasih hiasan apa gitu biar menarik untuk diliat,asal jangan hiasan tengkorak aje, kan semakin sering melihat tu tabel semakin sering pula kita ingat agenda yang akan kita kerjain (awass ya kalo bilang semakin sering jadi bosen...!!!),,,nah gak ketinggalan kasih tulisan motivasi di atas ato dibawah tabel, seperti 'joko, anak mama no satu di dunia'..aneh yah,,haha,,pokoknya tulisannya bisa bikin motivasi gitu, terserah kayak apa, selera masih-masing lah..(^_^)

3. alarm pengingat.
    neh buat yang punya penyakit agak aneh gitu, suka lupa ma apa aja kecuali lupa makan ma lupa minta uang bulanan ma bonyok. gue yakin zaman sekarang tiap orang pasti punya hape, kecuali yang baru kecurian hape ato yang baru lahir (bingung kali bayi dikasih hape buat apa, ntar malah diemut-emut). nah alarm di hape tuh dimanfaatin, jangan cuma buat alarm bangun tidur doank,, tu ja bangunnya gak berubah jadwal, tetep kalah ma ayam jago..tuh hape di setting tiap pagi jadwal agenda untuk hari ini, misalnya. jam 10 pagi beli buku kuliah, jam sebelas nyetrika baju, jam 12 tidur ( ehh kalo urusan tidur gak usah kali ya, bikin ribet, soalnya gak di alarm ja udah sesuai jadwal kok, malahan lebih cepat dari jadwal yg di tentukan..hahaha). nah tu dapat menghasilkan dua terobosan sekaligus, yang pertama, kita jadi rutin melihat tabel agenda tiap pagi, yang kedua. kita jadi lebih siap tentang agenda apa yang akan dikerjakan nanti, nah, yang ketiga (perasaan tadi cuma dua deh), kita jadi lebih mengasah daya ingat kita, karena secara gak langsung, dengan melihat tabel jadwal tersebut kita jadi inget tanpa harus menghafalnya (perasaan tadi ngomongin alarm hape, kok malah balik ke tabel lagi, yee..kan kalo mo nyeting alarm hape tiap paginya emang kudu liat tabel dulu brow..)

4. bikin agenda alternatif
    gak bisa dipungkiri oleh para ahli (ahli apaan emang) bahwa males itu tidak ada obatnya kecuali dibersihin ampe ke orang-orangnya (peringatan, jangan dilakukan di rumah), nah..nah..nah...semisal jadwal saat ini harusnya bikin tugas, pada saat ini juga si mr.males tiba-tiba bertandang di otak kita (bilange "tok..tok..tok..kulo nuwun,,"), ato kalo gak waktu itu abiz futsal bareng, capek..gak mungkin kan keadaan capek dibikin buat ngerjain tugas..walhasil otaknya gak mau bekerja,,turun mesin cooy,,,nah, solusinya kita lihat deh agenda lain yang lebih ringan di tabel hari ini..mulai kita dekatin tu tabel penuh mesra, diamatin satu-satu,,sambil telunjuk menari-nari..(emang ne mo ngapain seh).nah..dapet deh..jadwal jam 5 sore, beres-beres kamar..nah loh..daripada males ngerjain tugas trus cuma tepar-tepar di kamar, malah numpukin beban, kan mau gak mau kita ndiri yang harus ngelakuin en gak da pilihan lain, resiko di tangan kita juga...kan mending kita oper aje deh tu agenda..bersih-bersih kamar...mumpung badan masih kotor bau keringat, sekalian aja bersih-bersih kamar..oyee kan...abiz tu mandi, baru deh tepar, tepar...ntar jam 5 sore baru ngerjain tugas.. kan enak coy kalo gitu mah..kerjaan hari ini tetep tuuntas..tass..tass...

     kalo semua tu udah loe lakuin dengan baek barang setaon gitu deh. liat aja...secara gak langsung karakter orang-orang tertib masuk ke dalam diri loe-loe pade (ingat, ne temanya bukan orang kesurupan,okey..!!), mungkin tanpa loe buat tabel, loe udah bisa men-sketsa otak loe jadi seperti tabel berjalan. udah sanggup menyusun rancangan agenda sendiri en mempunyai kemampuan mengingat yang exelent, nee orang-orang kayak gini punya ciri-ciri yang klasik, biassanya kalo diajak jalan ato diajak kemana (hal-hal yang gak terlalu penting) dia selalu menolak, bilang gini "wah sory, ntar gue mo ngerjain tugas" ato "waduh sory, baju kotor gue udah menanti di kost"..wuuiiih, asyik  kan dicap temen dengan sebutan orang rajin, hidup terkonsep, pastinya jadi banyak yang suka,,kamarnya selalu bersih, kerjaan gak pernah terlewat, fikiran fresh terus (karna gak pernah diomelin dosen) hahaha.

okey coy..selamat berjuang menjadi pribadi yang teratur...eits..ingat..selama proses tadi jangan jadi orang kaku loh, tau kan maksudnya.,.kalo emang da hal yang bener-bener sangat penting,yah dilakuin, jangan di ignore dengan alasan udah punya jadwal kegiatan..okey...(^^,)v

0 comments:

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--