Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, April 1, 2010

syetan di wajahmu...

     ukhtie... foto antum itu..menempel lekat di profil facebook menyinari kata berhias senyum yg menawan.... engkau dipanggil akhwat,,antum dibilang aktivis muslimah,, namun foto antum itu berkesan hebat dimata para ikhwan... dari keindahan itu..segala kedekatan dimulai.. dan syetan berteriak histeris penuh kemenangan... akhirnya waktu itu datang juga... akhirnya pintu itu terbuka... menyingkap segala tabir,,memilukan keizzahan.. dan semua yg terjaga rapat menjadi terbuka.... apakah itu harapan, atokah kesempatan.. entahlah..
     
      semakin marakna penguna berbagai jejaring sosial hingga hampir tidak ada batasan strata, posisi, jenis kelamin,umur,status dalam melakukan interaksi lewat kecanggihan komunikasi yg berbentuk friendster, facebook, twitter ini, sehingga mampu menembus batas kesenjangan ruang dan waktu. informasi-informasi terbaru pun hampir sangat mudah didapatkan walau hanya dg satu klik, melalui perbaruan status, kita bisa mengetahui kabar terkini dari teman-teman yg ter-add dalam kontak jejaring sosial, bahkan kegiatan terkini yang dilakukan sekalipun tanpa menunggu pak pos datang membawa surat 2-3 hari lagi.walaupun banyak juga yang terkadang asal-asalan dalam mengisi status facebook.dari luapan emosi sampai curhat masal, ada juga yg berekspresi ria dengan kata2 mutiara yg mengundang ketertarikan untuk dikomentari atau sekedar 'like'.. 

       kebebasan berekspresi dalam berbagai motif ini sangat berpengaruh di facebook baik dalam hal positif- negatif, dari mulai motif dakwah, promosi produk, cari teman, lowongan kerja, hingga cari jodoh..bahkan ada beberapa orang yang mencoba menebarkan virus2 kejahatan di facebook, termasuk menjual diri..begitulah jejaring komunikasi tanpa tapal batas yang ditawarkan barat sebagai bentuk perkembangan kemajuan teknologi dalam budaya interaksi... begitulah facebook, meniru salah satu teori keseimbangan, adanya kebaikan sudah pasti mengandung keburukan di salah satu sisinya. didalam keislaman..facebook juga bisa menjadi pengaru yang besar dalam kelancaran kontribusi dakwah.. 

       banyak sekali para ikhwan2 aktivis dakwah yang menorehkan tulisan2 tentang islam pada status facebook mereka, dari info-info islam terkini, laporan kondisi umat islam disatu tempat yg tidak terdeteksi oleh semua umat islam di dunia, hingga tawaran bantuan sumbangan di salah satu lokasi bencaan atau swadaya masyarakat yang berkecimpung dalam sosial.tidak mau kalah dengan sang ikhwan, para akhwatpun berbondong-bondong masuk kedalam jejaring sosial ini,berkecimpung dalam dunia dakwah facebook yang sangat menyenangkan karena semakin banyak komunikasi antar para aktifis dakwah yg lain yg berada jauh dari tempat mereka.bisa diskusi online dan menebarkan aroma dakwah yg digelutinya itu, 

       walaupun terkadang coretan2 luapan kata hati nampak begitu jelas ketika suatu saat tidak dapat menampung sendiri perasaan yang sedang dirasakan.kata-kata puitis yg manis dan mengundang decak kagum tertoreh dengan segala emosi yg dibuatnya sendiri sehingga terkadang sang ikhwan-pun menjadi agak "liar" untuk mengetahui jati diri yg sebenarnya dari foto profil bunga mawar itu..dan akhirnya tuntas sudah keraguan setelah beberapa lama kemudian gambar profil mawar merah itu berubah rupa menjadi akhwat yg anggun nan cantik dengan segala close up di foto tersebut..

          begitu pula tanpa sadar komunikasi ikhwan-akhwat ini menjadi begitu intensif karena diam2 si ikhwan tersuntik virus merah jambu di hatinya karena terpesona dengan kecantikan akhwat tadi, dan sang akhwat juga merasakan hal yang sama dengan segala ketersanjungan atas perhatian2 ikhwan tadi dan dan ketakjuban akan kata2 indah yang selalu tertoreh di status dan catatan si ikhwan.,waktu terus berjalan dan kedekatan semakin tak terkendali..dari mulai chat seputar dakwah islam, sampai akhirnya pada canda ria dan curhat gratis..mka terbukalah hijab itu ketika mereka berdua tlah membuka semua yang ada tentang diri mereka satu sama lain..hingga kata2 yg keluar menjadi penuh bunga cinta karena mereka merasa sudah cocok dan pilihan terbaik untuk masa depannya..

       namun mereka lupa dengan keizzahan yang selama ini mereka jaga.. akhirnya mereka berdua pacaran secara "islami"..mereka g pernah bersentuhan tp mereka sering bertemu dan beradu pandang..mereka tidak pernah berdekatan tapi hati mereka menjadi kacau karnanya...sering telp, sering sms, saling membuka aib..dan saling meracuni hati.. dan akhirnya kedua aktivis tadi merasa hina untuk melanjutkan aktifitas dakwah mereka tanpa memutuskan hub setan tersebut.. itulah akhwat, wanita...dan sejenisnya...mereka lupa bahwa kecantikan yg penuh dengan keindahan itu bisa menjadi muara kemaksiatan yg sewaktu2 bisa melarutkannya dalam kegelapan.,keanggunan yg dimiliki bisa menjadi pengait besi yg siap mengoyak2 kehormatan dirinya dan orang2 yg melihatnya..kesempurnaan rupa jadi api yg akan membakar hijab dan imannya... …..

         Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka….. Begitulah potongan dari surat al-ahzab yang berisi larangan untuk tidak melayangkan pandangan kepada istri-istri nabi, begitu hebatnya Allah dalam memuliakan istri2 nabi itu, apakah kalian, wahai wanita tidak ingin juga untuk dimuliakan Allah seperti itu…??? “Katakanlah kepada orang laki-lakiyang beriman :”Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu lebih suci begi mereka”; SesungguhnyaAllah maha mengetahui apa yang mereka perbuat”.(an-Nur:31) 

          Rasulullah S.A.W bersabda: ”Pandangan mata itu merupakan panah beracun dari panah Iblis. Barang siapa meninggalkannya karena takut Allah S.W.T, maka Allah memberinya keimanan yang mana ia akan memperoleh kemanisannya didalam hati”. Nabi Isa as bersabda:”IYYAAKUM WANNADZARA FA INNAHAA TUZRI’U FILQOLBI SYAHWATAN WAKAFAA BIHAA FITNATAN” “Takutlah kamu. peliharalah dirimu dari memperhatikan. Karena sesungguhnya memperhatikan itu menumbuhkan syahwat di dalam hati. Dan cukuplah syahwat itu menjadi fitnah”. Sa’ad bin jubair mengatakan hanyalah fitnah yang menimpa Nabi Daud As adalah di sebabkan pandangan beliau. Nabi Daud bersabda kepada putera beliau Nabi Sulaiman As, lebih baik berjalanlah di belakang macan dan Harimau, janganlah berjalan di belakang perempuan. Mujahid mengatakan, apabila seorang perempuan mengahadap ke muka maka Iblis duduk di bagian kepalanya. Lalu Iblismemperindah diri perempuan itu yang di peruntukkan bagi orang yang memperhatikannya. 

         Kalau seorang perempuen bernalik menghadap kebelakang maka Iblis duduk di pantatnya. Lalu Iblis memperindah perempuan itu yang di peruntukkan bagi orang yang memperhatikannya. Seorang bertanya kepada Nabi Isa As, Apa permulaan yang menyebabkan orang berzina?. Beliau bersabda :Yaitu akibat memperhatikan perempuan dan memperhatikan dirinya. Al Fudhail mengatakan, Iblis berkata bahwa pandangan yang di lepaskan pada suatu perkara yang tidak halal itu adalah merupakan panahku yang sudah tua dan busurku yang tak pernah luput jika aku pergunakan.. 

       Ummu salamah Ra mengatakan bahwa Ibnu Ummi maktum meminta izin kepada Rasulullah S.A.W. Saat itu aku dam maimunah Ra duduk bersama, maka Rasulullah bersabda: ”Bertakbirlah kalian “. Kami menimpali:”Bukankah dia orang buta yang tidak dapat memandang kami?”. Rasulullah bersabda:”Apa kalian tidak dapat melihatnya juga ?”. Rasulullah S.A.W mengingatkan : ”LA’ANALLAAHUNNAADZIRA WALMANDZUURA ILAIHI” “Allah melaknat orang yang dipandang dan orang yang dipandangi (membalas pandangan). 

        Bagi perempuan yang beriman pada Allah, tidak dibenarkan memperlihatkan diri pada setiap orang asing, karena yang tidak terikat oleh pernikahan atau muhrim karena nasab atau sesusuan. Demikian pula orang lelaki tidak dibenarkan memperhatikan kaum wanita, sebaliknya kaum wanita balas memperhatikan pandangannya. Sebagaimana kaum lelaki menundukkan pandangannya kepada kaum wanita, maka menjadi kewajiban pula kaum wanita menundukkan pandangan mata terhadap kaum lelaki. Pendapat itu sebagaimana di tekankan oleh Ibnu Hajar dalam kitab AZ ZAWAJIR. 

     Tidak pula diperbolehkan lelaki bermusafahah(bersalaman) dengan perempuan yang bukan muhrim. Larangan ini berlaku juga pada perbuatan salingmemberikan. Sebab itu perkara yang di haramkan memandangnya diharamkan pula memegangnya. Mengingat dengan cara memegangnya itu ia dapat merasakan kelezatan. Hal ini didasarkan pada dalil bahwa, kalau orang berpuasa lalu berpegangan dengan lawan jenisnya yang menyebabkan inzal(keluar mani), maka puasanya batal. Tetapi kalau keluarnya mani disebabkan oleh pandangan, puasanya tidak batal. Demikian menurut penjelasan kitab An Nihayah. Diriwayatkan oleh Thabrani di dalam kitab Al Kabir dari mu’qal bin Yasar bahwa, salah seorang di antaramu yang di lukai kepalanya oleh jarum, itu lebih baik dari pada memegang perempuan yang tidak dihalalkan untuknya. 

       Rasulullah S.A.W memperingatkan : ”ITTAQUU FITNATADDUN-YAA WAFITNA-TANNISAA FA-INNA AWWALA FITNATI BANII ISRA-IILA KAATAT MINQIBA-LINNISAA. ” “Takutlah kalian terhadap fitnah dunia dan fitnah kaum wanita. Sebab permulaan fitnah yang menimpa bani isra-il itu adalah kaum wanita”. Rasulullah S.A.W bersabda:”WAMAA TARAKTU BA’DII FITNATAN ADHARRU ‘ALARRIJAALI MINANNISAA”. (al hadits) “Dan setelah masaku tidak ada fitnah yang lebih membahayakan terhadap kaum lelaki ketimbang fitnah akibat perempuan”. 

     Perhatikanlah bagaimana kesungguhan islam dalam menjaga hubungan antara laki2 dan perempuan.Islam memerintahkan laki2 untuk menjaga sikap mereka terhadap kaum perempuan, namun mengapa sekarang kebanyakan para perempuan justru merasa pede untuk memancing nafsu syahwat para lelaki..??? masihkah foto indah anda menempel di facebook untuk dinikmati jutaan mata lelaki..??? 

semoga kita mampu mengintropeksi diri sebelum alunan waktu didunia kita mengakhiri masanya.[wallahu a’lam bisshowab]

0 comments:

--->>>>> xXxXxXx [ [ [ PreNz 'n Fanz ] ] ] xXxXxXx <<<<<--